Analisis Kesantunan Berbahasa Berdasarkan Jarak Sosial dalam Interaksi Pembelajaran Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 15 Makassar

Main Author: Hastuti, Endang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/10367/1/ARTIKEL-1-1.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10367/
Daftar Isi:
  • Endang Hastuti, 2018. “” Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh ). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan realisasi prinsip kesantunan berbahasa yang berupa pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan siswa dan guru berdasarkan jarak sosial dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia. Data dalam penelitian ini adalah tuturan dalam interaksi antara guru ke siswa, siswa ke guru, dan siswa ke siswa pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 15 Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan cara perekaman, transkripsi data, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih sering melakukan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa kepada guru. Begitupun sebaliknya guru cenderung melakukan pematuhan prinsip kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran kepada siswa. Sementara interaksi antara siswa ke siswa lebih banyak melakukan penyimpangan kesantunan berbahasa dibandingkan pematuhan kesantunan berbahasa. Kata kunci : kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, jarak sosial, interaksi pembelajaran