Analisis Hubungan Pelaksanaan Praktikum dengan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Negeri Di Kota Bulukumba

Main Author: SATRIANI, SATRIANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/10169/1/SATRIANI%20161051301051%20PEND.%20BIOLOGI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/10169/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis tingkat pelaksanaan praktikum Biologi (2) menganalisis penguasaan keterampilan proses sains (3) menganalisis hasil belajar Biologi (4) menganalisis hubungan pelaksanaan praktikum dengan keterampilan proses sains (5) menganalisis hubungan pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar Biologi (6) menganalisis hubungan keterampilan proses sains dengan hasil belajar Biologi (7) menganalisis hubungan pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar Biologi melalui keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN di kota Bulukumba yang terdiri dari 5 sekolah. Pengambilan sampel yang digunakan adalah class random sampling dan terpilih 5 rombongan belajar dengan jumlah peserta didik sebanyak 162. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket pelaksanaan praktikum, lembar observasi keterampilan proses sains, dan dokumentasi hasil belajar Biologi semester genap tahun ajaran 2017/2018. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan analisis jalur dengan mengggunakan SPSS 20,0 for windows dengan taraf sig. α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata tingkat pelaksanaan praktikum sebesar 75,89 (2) Rata-rata penguasaan keterampilan proses sains sebesar 72,07 (3) Ratarata hasil belajar biologi peserta didik sebesar 77,02 (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan praktikum dengan keterampilan proses sains peserta didik dengan koefisien korelasi (r) 0,442 (5) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar Biologi peserta didik dengan koefisien korelasi (r) 0,433 (6) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar Biologi peserta didik dengan koefisien korelasi (r) 0,438 (7) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan praktikum dengan hasil belajar Biologi melalui keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MIPA SMAN di Kota Bulukumba dengan koefisien jalur (ρ) 0,623. Kata Kunci: Pelaksanaan Praktikum, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar