Daftar Isi:
  • Adi Cottages adalah salah satu usaha akomodasi penginapan di Ubud, Gianyar yang sedang berbaur dalam persaingan dengan usaha sejenis. Diketahui bahwa tidak semua walk in guest yang datang, menginap pada Adi Cottages di Ubud, Gianyar. Hal ini menunjukkan adanya satu masalah berkaitan dengan strategi pemasaran sehingga diperlukan upaya lebih untuk merencanakan strategi pemasaran yang tepat dan meningkatkan pelayanan untuk lebih meningkatkan walk in guest yang menginap sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan nilai penjualan kamar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness) serta peluang (oppurtunity) dan tantangan (treats) dalam menerapkan strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan nilai penjualan kamar melalui walk in guest dan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan nilai penjualan kamar melalui walk in guest pada Adi Cottages di Ubud, Gianyar. Hasil penelitian diperoleh bahwa bauran pemasaran berdasarkan analisis SWOT adalah sebagai berikut : Kekuatan (Strenght) : beragam jenis kamar dengan fasilitas memadai, dikenal oleh sopir taxi dan guide freelance, lokasi yang strategis, saluran pemasaran langsung mendekatkan karyawan dengan wisatawan, kerjasama dengan hotel lain, karyawan menguasai bahasa Inggris dan bidang tugasnya, suasana lingkungan kantor depan yang nyaman dan pelaksanaan jasa berdasarkan persyaratan administrasi. Kelemahan (Weakness) : kesulitan melaksanakan promosi langsung, average room rate yang menurun terlalu tinggi, kurangnya perawatan fasilitas dan peralatan yang dimiliki, jumlah karyawan yang terbatas dalam satu waktu, lemahnya kemampuan komunikasi karyawan di luar bahasa Inggris dengan wisatawan dan sulitnya memberi perhatian personal yang sama pada masing-masing wisatawan. Peluang (Oppurtunity) : daya tarik Ubud sebagai daerah pusat pariwisata Bali, banyaknya repeater quest, Bali sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang potensial dan industri perhotelan yang semakin berkembang. Tantangan (Treats) : banyaknya akomodasi penginapan sebagai pesaing, berkembangnya pariwisata dunia, menurunnya semangat kerja karyawan akibat lemahnya kondisi pariwisata. Sesuai hasil analisis SWOT maka strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan nilai penjualan kamar melalui walk in guest pada Adi Cottages di Ubud, Gianyar adalah : meningkatkan komunikasi dengan wisatawan berkaitan dengan fasilitas dan keunggulannya, mengupayakan sarana dan prasarana mendukung aktivitas karyawan, meningkatkan jasa pelayanan kepada wisatawan, berusaha mempertahankan dan meningkatkan potensi yang dimiliki sesuai dengan tujuan perusahaan, meningkatkan kualitas SDM, menumbuhkan rasa memiliki dan rasa cinta terhadap perusahaan, meningkatkan mutu jasa, mempererat hubungan kerjasama dengan hotel lain melalui studi banding, perlunya faktor kontrol dalam mejaga segala fasilitas dan peralatan, meningkatkan promosi melalui kerjasama yang dilakukan dengan hotel maupun travel agent, menetapkan schedule yang tepat dan disiplin waktu bagi karyawan, menjalin kerjasama yang baik dengan pihak-pihak yang berkompeten dalam memasarkan produk dan menerapkan manajemen yang lebih profesional.