PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU SMP 1 JEPON DI KABUPATEN BLORA

Main Author: Etty Irawati
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: STIE Indonesia Malang , 2011
Subjects:
SE
MM
Online Access: http://repository.stieimalang.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8232
http://repository.stieimalang.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/tesis.jpg
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompensasi terhadap kinerja guru SMP 1 Jepon di Kabupaten Blora, baik secara parsial maupun simultan. rnPopulasi penelitian berjumlah 45 guru SMP 1 Jepon di Kabupaten Blora, terdiri dari guru tetap negeri dan guru tidak tetap dengan sampel penelitian 40 guru, yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling menurut Tabel Krejee dengan tingkat kesalahan 5 %. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. variabel bebas penelitian (X) adalah Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi dan Kompensasi sedangkan variabel terikat ( Y ) adalah Kinerja GururnData penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dengan teknik angket. Instrumen penelitian dan angket diuji cobakan kepada 20 orang guru SMP 1 Jepon di Kabupaten Blora.Untuk mendapatkan validitas butir angket digunakan korelasi product moment.Angket kepemimpinan kepala sekolah terdiri atas 10 butir,angket motivasi berprestasi terdiri atas 10 butir,angket kompensasi terdiri atas 10 butir dan angket kinerja guru terdiri atas 10 butir.Semua butir item dari keempat variabel dinyatakan valid. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, linearitas, heterokedastisitas dan multikolinearitas. rnHasil analisis deskriptif mengungkapkan bahwa secara parsial atau secara pervariabel faktor kepemimpinan kepala sekolah nilainya 1,250, motivasi berprestasi nilainya 8,128 dan kompensasi nilainya 2,240. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memberi pengaruh yang positif dan signifikan yaitu 0,125, motivasi berprestasi memberi pengaruh yang positif dan signifikan yaitu 0,644 , sedangkan kompensasi memberi pengaruh positif dan signifikan yaitu 0,246 terhadap kinerja guru SMP 1 Jepon di Kabupaten Blora, dengan demikian pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat positif dan signifikan karena hasil perhitungan statistik nilai f hitung = 24,246 > f tabel = 2,884, untuk thitung = 1,444 > ttabel 0,994. Hasil analisis regresi linier berganda mengungkapkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, dan kompensasi secara bersama sama dalam uji determasi R-Squared yaitu 0,675, terhadap kinerja guru SMP 1 Jepon di Kabupaten Blora. jadi pengaruh variabel bebas tersebut sebesar 67,5% sedangkan 32,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam analisa penelitian ini. rnPenelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP 1 Jepon di Kabupaten Blora, baik secara parsial maupun simultan.rn
  • 101 hlm