PENGARUH KURIKULUM, LINGKUNGAN PENDIDIKAN, DAN SARAN PRASARANA PENDIDIKAN TERHDAP PESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI I KECEMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI
Main Author: | Anita Sumelvia Dewi |
---|---|
Format: | Masters |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
STIE Indonesia Malang
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.stieimalang.ac.id//index.php?p=show_detail&id=7755 http://repository.stieimalang.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/tesis.jpg |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagu Kediri. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan secara parsial kurikulum terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada pengaruh yang signifikan secara parsial lingkungan pendidikan terhadap prestasi belajar siswa, (3) ada pengaruh yang signifikan secara parsial sarana prasarana pendidikan terhadap prestasi belajar siswa, (4) ada pengaruh yang signifikan secara simultan kurikulum, lingkungan pendidikan, dan sarana prasarana pendidikan terhadap prestasi belajar siswa.rnPenelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Pagu-Kediri sebanyak 940 siswa dan sampel penelitian ditentukan 200 siswa sebagai responden dengan teknik simple random sampling (acak). Data diperoleh dengan angket, yang berisi 40 pertanyaan. Data telah diuji dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitasnya menggunakan teknik Alpha cronbach, diperoleh koefisien reliabilitas kurikulum sebesar 0,956, lingkungan pendidikan sebesar 0,692, dan sarana prasarana pendidikan sebesar 0,701, dan terbukti nilainya > 0,6. Data dianalisis menggunakan program computer SPSS 12.00rnHasil analisa diskriptif, terungkap bahwa prestasi belajar siswa SMPN 1 Pagu pada kategori baik (56,5%), kurikulum pada kategori baik (58,5%), lingkungan pendidikan pada kategori baik (57,5%). Hasil analisa data menggunakan Multiple Linier Regression Analysis menunjukkan (1) kurikulum mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu t-hit > t-tab (4,692 > 1,656) dengan tingkat signifikan 0,000 (2) lingkungan pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu t-hit > t-tab (3,623 > 1,656) dengan tingkat signifikan 0,001 (3) sarana prasarana pendidikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu t-hit > t-tab (3,858 > 1,656) dengan tingkat signifikan 0,001 (4) secara bersama-sama kurikulum, lingkungan pendidikan, dan sarana prasarana pendidikan mempunyai pengaruh yang sifnifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu F-hit > F-tab (5,558 > 3,276), dengan tingkat signifikan 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 77,5% (R square = 0,775)rn