PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH SIMPANAN PEDESAAN (SIMPEDES) PADA PT.BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK UNIT TAJINAN
Main Author: | Viera Diah Anggraeni |
---|---|
Format: | Bachelors |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
STIE Indonesia Malang
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.stieimalang.ac.id//index.php?p=show_detail&id=683 http://repository.stieimalang.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/skripsi.jpg |
Daftar Isi:
- Salah satu jalan keluar yang diambil oleh pihak perbankan dalam menghimpun dana dari masyarakat adalah dengan dikeluarkannya produk bank, yaitu berupa tabungan. Dengan adanya dana yang cukup, maka bank dapat menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat yang memerlukan, selain itu promosi juga diperhitungkan karena promosi memegang peranan yang sangat penting untuk menarik minat masyarakat (nasabah) dan pihak bank tidak segan- segan memberikan fasilitas, misalnya hadiah atau bonus, dengan bunga yang tinggi, disamping itu pihak perbankan dapat melakukan promosi secara terus menerus, baik secara langsung atau tidak langsung sehingga masyarakat (nasabah) dapat mengenal produk-produk bank. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan dari faktor- faktor promosi yang terdiri dari 4 faktor (periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas) terhadap peningkatan jumlah nasabah, untuk mengetahui pengaruh secara parsial dari faktor-faktor promosi yang terdiri dari 4 faktor (periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas) terhadap peningkatan jumlah nasabah dan untuk mengetahui faktor yang dominan dari faktor-faktor promosi yang terdiri dari 4 faktor (periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, publisitas) terhadap peningkatan jumlah nasabah.rnDalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah nasabah yang memiliki tabungan di BRI unit Tajinan. Sedangkan pengambilan sampel accident (sampel seadanya), yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, jadi siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data.rnUpaya BRI unit Tajinan untuk meningkatkan jumlah nasabah simpanan terhambat karena pelaksanaan promosi penjualan yang kurang efektif. Peningkatan jumlah nasabah mengalami penurunan hal ini disebabkan karena : Brosur hanya diletakkan di kantor Bank saja dan kurang lengkapnya informasi yang ada dalam brosur, Kalender tidak dibagikan kepada semua nasabah, tetapi hanya dibagikan kepada nasabah tertentu, dan Spanduk hanya dipasang di depan kantor Bank saja. Adapun jumlah nasabah simpanan yang berhasil diperoleh bank untuk setiap tahunnya tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Hal tersebut disebabkan karena pelaksanaan promosi penjualannya yang kurang tepat terutama dalam hal pemasangan spanduk dan penyebaran brosur. Untuk memecahkan masalah bagi pelaksanaan promosi penjualan bank yaitu dengan melaksanakan promosi penjualan melalui kegiatan advertising/periklanan dengan media elektronik dan media cetak yang tepat.rn
- 82 hlm