PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SARANA PRASARANA BELAJAR, DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DI SMPN I KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI

Main Author: Erwin Syahputra
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: STIE Indonesia Malang , 2012
Subjects:
SE
MM
MS
Online Access: http://repository.stieimalang.ac.id//index.php?p=show_detail&id=5507
http://repository.stieimalang.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/tesis.jpg
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari faktor intern maupun faktor ekstern. Salah satu faktor intern yang memberikan kontribusi terhadap pencapaian prestasi belajar adalah faktor Motivasi Belajar, sedangkan yang memberikan kontribusi terhadap pencapaian Prestasi Belajar dari faktor ekstern diantaranya adalah sarana prasarana belajar dan kemampuan mengajar guru (kompetensi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Ada tidaknya pengaruh Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar,(2) Ada tidaknya pengaruh Sarana Prasarana Belajar terhadap prestasi belajar, (3) Ada tidaknya pengaruh kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar,(4) Ada tidaknya pengaruh antara motivasi belajar, sarana prasarana belajar dan kemampuan mengajar guru terhadap prestasi belajar.rnDalam penelitian ini populasi penelitiannya adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagu sejumlah 940 siswa, Pengambilan responden menggunakan teknik random sampling dan hanya mengambil sejumlah 200 siswa yang tersebar di seluruh kelas. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS for windows 12. Analisa data dengan menggunakan distribusi frekuensi, untuk mengetahui pengaruh variable independen terhadap variable dependen.rnHasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Motivasi belajar, Sarana Prasarana Belajar, dan Kemampuan Mengajar guru terhadap Prestasi Belajar. Hal ini berdasarkan dari Koefisiensi determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,734 Hal ini berarti 73,4% variasi presentasi belajar (Y) dapat dijelaskan oleh motivasi belajar (X1), sarana prasarana belajar (X2), dan kemampuan mengajar guru (X3) secara bersama-sama.Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru seharusnya senantiasa berusaha memotivasi dan mendorong siswa untuk belajar aktif, serta diharapkan mampu meningkatkan Prestasi Belajar siswa, Pihak sekolah hendaknya memperhatikan pertimbangan sekolah dalam menentukan kebijakan dalam rangka meningkatkan Prestasi belajar serta memberikan fasilitas belajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Dan untuk siswa sendiri hendaknya lebih menumbuhkan Motivasi Belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.rnrn