PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SDN PADA GUGUS II KECAMATAN KUNJANG KABUPATEN KEDIRI

Main Author: Abdul Aziz
Format: Masters
Bahasa: ind
Terbitan: STIE Indonesia Malang , 2011
Subjects:
SE
Online Access: http://repository.stieimalang.ac.id//index.php?p=show_detail&id=11344
http://repository.stieimalang.ac.id//lib/phpthumb/phpThumb.php?src=../../images/docs/tesis.jpg
Daftar Isi:
  • Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan bagian yang fundamental dalam kegiatan organisasi sekolah sebab gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan kunci produktivitas kerja guru, sedangkan produtivitas kerja adalah tujuan utama dari organisasi atau manajemen. Pada dasarnya gaya kepemimpinan dapat memacu orang untuk bekerja keras sehingga dapat mencapai tujuan mereka. Hal ini kan meningkatkan produtivitas kerja guru sehingga berpengaruh pada pencapaian tujuan organisasi sekolah.rnrnPenelitian ini bertujuan sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara parsial terhadap produktivitas kerja guru-guru SDN pada gugus II Kec. Kunjang, (2) Untuk mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh yang signifikan motivasi kepala sekolah secara simultan terhadap produktivitas kerja guru-guru SD pada gugus II Kec. Kunjang, (3) Untuk mengetahui dan menguji secara empiris pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara simultan terhadap produktivitas kerja guru SD di Gugus II Kecamatan Kunjang, (4) Untuk menjelaskan pengaruh dominan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru SDN se gugus II Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri.rnrnPendekatan yang digunakan kuantitatif dan berjenis korelasional. Penelitian korelasional bermaksud mendeteksi sejauh mana variabel pada suatu faktor berhubungan dengan variabel factor lain berdasarkan koefisien korelasinya. penelitian korelasional berarti adanya hubungan antara dua variabel yaitu variabel X dan variabel Y dimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja sebagai variabel bebas dan produktivitas guru sebagai variabel terikat.rnrnKesimpulan yang dapat kita ambil berdasarkan hasil pengujian hipotesis di atas adalah yang diwakili oleh variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh secara serentak (simultan) terhadap produktivitas (Y). Secara parsial gaya kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap produktivitas kerja (Y). Hasil analisis korelasi yang diperoleh dari output regresi mengkorelasi pengaruh yang diwakili oleh variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja (Y) diperoleh nilai R2(R-squared) = 0, 068. Angka ini menunjukkan bahwa variasi nilai produktivitas kerja yang dapat dijelaskan oleh persamaan regresi yang diperoleh sebesar 6, 8 % sedangkan sisanya yaitu 93, 2% dijelaskan oleh variabel lain di luar persamaan model. Sedangkan R sebesar 0, 260 artinya pengaruh antara variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja adalah cukup kuat(R di atas 0, 05). Sedangkan untuk mengetahui variabel yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja dapat dilihat dari nilai korelasi parsial (Partial Correlations) masing-masing variabel dengan produktivitas kerja . Dari output SPSS 16 diatas terlihat bahwa nilai korelasi parsial tertinggi sebesar 62, 010 % terjadi antara motivasi kerja terhadap produktivitas kerja. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini, motivasi kerja adalah variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas kerja.rn
  • 179 hlm