STRATEGI PROMOSI FILM KUCUMBU TUBUH INDAHKU

Main Author: Ramdhani, Farah Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/5682/1/FARAH%20UP.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/5682/
http://repository.isi-ska.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas bagaimana strategi promosi film Kucumbu Tubuh Indahku (KTI). Dalam dunia perfilman, promosi adalah tahapan yang tidak kalah penting untuk dilakukan karena dengan promosi, film dapat di kenal oleh masyarakat. Mempromosikan film harus terencana sehingga dapat mencapai target pasar yang diinginkan.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pengamatan terhadap strategi promosi pada film KTI. Promosi yang dilakukan oleh film KTI dijadikan obyek penelitian.Metode penelitian menggunakan (1) Observasi partisipan, berperan dalam mengikuti gala premiere ketika pemutaran di JAFF, observasi ini juga tetap dilakukan dengan cara mengamati Instragram resmi dari Fourcolours Films, (2) Wawancara dengan produser, publisis in house, dan freelance publisis film KTI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan dengan cara (a) membuat gala premier, (b) membuat press conference, (b) bioskop visit, (c) media visit, (d) media sosial, dan (e) membuat strategi khusus. Promosi di lakukan oleh freelance publisis. Selain menggunakan strategi promosi pada umumnya, publisis juga membuat strategi khusus dengan cara membuat video perjalanan hidup dari beberapa kru dan pemain film, serta mengunggah informasi yang berkaitan dengan film KTI.