KÊNCÊNG, GENDHING KETHUK 2 KÊRÊP MINGGAH 4 LARAS PÉLOG PATHÊT NEM: KAJIAN GARAP GÊNDER
Main Author: | Lestari, Lia Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.isi-ska.ac.id/5673/1/SKRIPSI%20KENCENG%20LIA%20TRI%20LESTARI%20UP.pdf http://repository.isi-ska.ac.id/5673/ http://repository.isi-ska.ac.id |
Daftar Isi:
- Skripsi karya seni yang berjudul Kêncêng, Gendhing kethuk 2 kerep minggah 4: Kajian Garap Gêndèr ini dibuat dengan tujuan untuk mengkaji dan menganalisis serta mendeskripsikan garap gêndèran gendhing Kêncêng. Gending tersebut merupakan salah satu repertoar gending gêndèr gaya Surakarta. Terdapat dua permasalahan dalam skripsi karya seni ini, yaitu (1) Bagaimana alih laras gendhing Kêncêng yang semula laras sléndro pathêt sanga menjadi laras pélog pathêt nem. (2) mengapa gendhing Kêncêng menarik untuk dialih laraskan menjadi laras pélog pathêt nem. Jenis penelitian karya seni ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode karya dimulai dari merancang karya, penentuan sumber dan jenis data, kemudian mengumpulkan data. Data-data dikumpulkan dengan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Permasalahan ini dikaji berdasarkan aturan dalam gêndèran, konsep pathêt, konsep garap, dan konsep mungguh. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam perubahan alih laras sajian gendhing Kêncêng, terdapat alur susunan balungan yang berubah. Dalam sebuah gendhing Kenceng juga terdapat susunan balungan yang berpotensi untuk digarap dengan mengaplikasikan céngkok gawan gending lain untuk diterapkan pada gendhing Kêncêng namun tetap dalam kaidah-kaidah karawitan gaya Surakarta.