PEMBENTUKAN PERSUASIF DALAM STRUKTUR NARATIF PADA IKLAN GOPAY INDONESIA VERSI BUMBU RAHASIA DARI BU SISCA YANG BIKIN #LEBIHENAK

Main Author: Dewi, Alfiani Kristiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/5639/1/Alfiani%20KD.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/5639/
http://repository.isi-ska.ac.id
Daftar Isi:
  • Konsep sebuah iklan yang ditujukan kepada masyarakat modern tidak bisa lagi hanya mengandalkan penjabaran sebuah produk. Karena pada dasarnya masyarakat dapat mencari sendiri info dari sebuah produk menggunakan smartphone mereka. Oleh sebab itu sebuah iklan harus dirancang sedemikian rupa agar menarik calon konsumennya. Pesan persuasi perlu dikemas dengan baik agar mencapai target untuk mempengaruhi konsumen menggunakan produk perusahaan tersebut. Penelitian “Pembentukan Persuasif Dalam Struktur Naratif Pada Iklan Gopay Indonesia Versi Bumbu Rahasia Dari Bu Sisca Yang Bikin #LebihEnak” bertujuan untuk mencari pembentukan persuasif dari sebuah iklan produk yang digunakan masyarakat modern yaitu e-wallet Gopay Indonesia melalui analisis naratif salah satu versi iklannya yaitu Bumbu Rahasia dari Bu Sisca yang Bikin #Lebihenak. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teori naratif dari Bordwell-Thompson yang melihat elemen naratif terdiri dari plot dan cerita, ruang, waktu, tokoh, serta narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Bumbu Rahasia dari Bu Sisca yang Bikin #Lebihenak memiliki nilai persuasif yang dibuktikan dengan pembentukan persuasi dalam masing masing elemen naratif. Pesan persuasi iklan tersebut adalah untuk menumbuhkan awareness dan pengenalan produk Gopay Indonesia. Kata Kunci : Iklan, Masyarakat Modern, Persuasif, Persuasi, Naratif