TRANSFORMASI LAGU LANGGAM JAWA MELATI RINONCE : DARI PARADIGMA MUSIK KERONCONG KE PARADIGMA SENI KARAWITAN

Main Author: Lopez, Leon Gilberto Medellin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/5625/1/SKRIPSI%20Leon%20Gilberto%20up.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/5625/
http://repository.isi-ska.ac.id
Daftar Isi:
  • Langgam Jawa adalah subgenre dari musik keroncong yang berkembang di Surakarta khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya. Langgam Jawa lahir dari pengaruh musikal antara para musisi keroncong dengan pengrawit Jawa, dan dalam perkembangannya memperlihatkan adanya transformasi musikal dari paradigma keroncong ke karawitan Jawa yang dijembatani oleh rasa seleh. Penelitian ini mencoba mendalami persoalan transformasi musikal tersebut dengan menganalisa lagu Langgam Jawa Melati Rinonce karya dari Ki Nartosabdho dan mencoba menganalisis soal; (1) mengapa dalam Langgam Jawa Melathi Rinonce terjadi transformasi musikal dari paradigma musik keroncong ke paradigma seni karawitan?; (2) bagaimana Langgam Jawa Melathi Rinonce dalam paradigma keroncong dan paradigma karawitan?; (3) bagaimana bentuk transformasi sajian instrumen Langgam Jawa Melathi Rinonce dalam karawitan? Untuk dapat menggapai hasil penelitian, landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pemikiran Hans-Georg Gadamer terkait transformasi dalam seni dan pengertian garap yang dirumuskan oleh Rahayu Supanggah. Sedangkan model penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis tekstual musikologi. Dari semua tahapan penelitian yang dilaksanakan, maka dapat diketahui bahwa terdapat tiga unsur yang diubah dalam ensambel keroncong untuk sampai pada jiwa dan estetika karawitan yakni penyesuaian koleksi bunyi, teknik menabuhnya, dan pola permainannya.