RAGAM GARAP GENDHING KUWUNG KUWUNG

Main Author: Setyowati, Bella Hadi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/5586/1/Skripsi%20Bella%20Hadi%20Setyowati%20UP.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/5586/
http://repository.isi-ska.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul “Ragam Garap Gendhing Kuwung-kuwung“ bertujuan menjawab permasalahan tentang: (1) Bagaimana ragam garap Gendhing Kuwung-kuwung dalam karawitan gaya Surakarta ? dan (2) Mengapa garap Gendhing Kuwung-kuwung menjadi beragam dalam penyajiannya?. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, data-data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Teori yang digunakan sebagai landasan untuk menganalisis adalah menggunakan pendekatan teori garap oleh Supanggah mengenai garap, dan konsep kreativitas oleh Munandar mengenai faktor-faktor yang menyebabkan seseorang bertindak kreatif yang dikenal dengan istilah 4P. Hasil penelitian ini ditemukan ragam garap Gendhing Kuwung-kuwung dalam karawitan klênèngan , pakêliran dan garap bêdhayan. Ragam garap paling menonjol terdapat pada sajian gending dalam karawitan klênèngan . Garap gending dalam sajian klênèngan penggunaan irama lebih halus dan volume tabuhan seimbang. Sajian karawitan pakêliran dan garap bêdhayan irama yang digunakan lebih cepat atau seseg. Garap dalam karawitan klênèngan lebih menonjolkan ricikan depan, khususnya rebab, kendang, gender dan vokal sindhen. Faktor yang mempengaruhi garap Gendhing Kuwung-kuwung menjadi beragam antara lain : sifat karawitan tradisi yang terbuka, kebebasan interpretasi penggarap, perbedaan fungsi gending dan tafsir pathet.