STRATEGI KREATIF TIM FREMANTLE INDONESIA DALAM PENERAPAN GIMMICK PROGRAM INDONESIAN IDOL JUNIOR SEASON 3
Main Author: | QUMAINI, MUHAMMAD BAGUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.isi-ska.ac.id/5484/1/2019_Laporan%20TA_15148156_Muhammad%20Bagus%20Qumaini.pdf http://repository.isi-ska.ac.id/5484/ http://repository.isi-ska.ac.id/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK STRATEGI KREATIF TIM FREMANTLE INDONESIA DALAM PENERAPAN GIMMICK PROGRAM INDONESIAN IDOL JUNIOR SEASON 3 (Muhammad Bagus Qumaini, 15148156, 2019, hal i-x dan 1-98) Skripsi S-1 Program Studi Televisi dan Film, Jurusan Seni Media Rekam, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Penelitian strategi kreatif dalam penerapan gimmick bermula dari program acara reality show yang hanya berisi penampilan bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif tim Fremantle Indonesia dalam menerapkan gimmick program Indonesian Idol Junior Season 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Strategi kreatif yang dilakukan dalam tahap praproduksi meliputi penentuan ide, pembentukan konsep gimmick dan penempatan gimmick. Strategi kreatif dalam penentuan ide dilakukan dengan melihat nilai jual cerita kontestan yang menarik dan informatif. Pembentukan konsep gimmick meliputi: a) chit chat merupakan gimmick yang disampaikan hanya melalui verbal dengan visual pendukung; b) challenge merupakan gimmick yang dikemas dengan memberikan tantangan seperti duet, tebak-tebakan dan permainan sederhana; c) guest star merupakan gimmick yang dikemas dengan mendatangkan bintang tamu. Gimmick di tempatkan di setiap segmen, penempatan gimmick dilakukan dengan briefing dan mempraktekkan gimmick yang akan dibawakan, gimmick akan dihilangkan jika kontestan mengalami kesulitan sebelum produksi. Tahap produksi terdapat improvisasi gimmick yang memiliki dampak pada konten dan durasi program yang membuat gimmick pada segmen selanjutnya harus dihilangkan. Gimmick yang dihilangkan akan disimpan dan dipakai untuk episode berikutnya. Tahap pascaproduksi yang dilakukan yaitu evaluasi untuk mengetahui keberhasilan gimmick yang diterapkan.