TARI SRIMPI LUDIRAMADU STUDI ANALISIS GERAK DAN KARAKTER GARAP PADAT

Main Author: Pujiani, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Lainnya
Bahasa: eng
Terbitan: , 1992
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/5373/1/SRI%20PUJIANI.PDF
http://repository.isi-ska.ac.id/5373/
Daftar Isi:
  • "TARI SRIMPI LUDIRAMADU : STUDI ANALISIS GERAK DAN KARAKTER GARAP PADAT" (Sri Pujiani, 1992, xii dan 134 halaman), Skripsi S-1, Jurusan Tari, Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta. Penulisan yang dilakukan mencakup permasalahan: ciri dan karakter karya seni K.G.P.A.A. Hamengkunagara III (Paku Buwana V), ciri dan karakter tari Srimpi Ludiramadu garap padat, dominasi karakter tari pada garap medium tari Srimpi Ludiramadu garap padat, serta bentuk dan karakter gerak tari Srimpi Ludiramadu garap padat. Tujuan penulisan ini diarahkan pada pemahaman yang lebih mendalam mengenai bentuk dan karakter gerak tari Srimpi Ludiramadu garap padat melalui analisis gerak dan karakter. Pokok kajian pada penulisan ini dipusatkan pada analisis gerak dan karakter gerak tari Srimpi Ludiramadu garap padat. Analisis gerak dilakukan dengan meletakkan sengguh-mungguh sebagai dasar interpretasinya. Pada pokoknya tari Srimpi Ludiramadu garap padat memiliki ciri dan karakter halus, kenes, prenes, berag, dan gagah. Ciri dan karakter itu juga melekat pada karya-karya seni K.G.P.A.A. Hamengkunagara III yang lain: sastra, kriya, karawitan, dan tari. Ciri dan karakter tari Srimpi Ludiramadu Padat melekat pada garap medium karawitan tari dan garap medium pokok gerak. Pada garap karawitan tari tampak dominan dalam garap imbal keplok alok, sedangkan pada garap medium gerak tampak pada vokabuler gerak sebagai berikut: 1. Beksan laras Ludiramadu memiliki kesan rasa halus, anggun, dan lembut. 2. Beksan Lincak gagak memiliki kesan rasa kenes, kemayu, dan berag. 3. Beksan engkyek Ludiramadu memiliki kesan rasa galak, kenes, berag, dan anggun. 4. Beksan sangga nampa ukel adumanis memiliki kesan rasa kenes dan manis.