KOLABORASI PENCIPTAAN TEMBANG DOLANAN DENGAN BUKU ILUSTRASI ANAK SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN WABAH VIRUS COVID-19 DI SURAKARTA

Main Author: Waluyo, Waluyo
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: ISI Surakarta , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/5297/1/Waluyo_Lap%20Akhir%202020.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/5297/
Daftar Isi:
  • Wabah pandemi novel coronavirus 2019 (2019-nCoV) menyerang masyarakat di dunia saat ini. Mengantisipasi dan mengurangi jumlah penderita virus corona di Indonesia sudah dilakukan di seluruh daerah. Penanganan wabah pandemi baik dari aspek kesehatan, sosial, politik, ekonomi, dan aspek terkait lainnya sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Beragam media edukasi, informasi, dan publikasi seputar pencegahan dan penyebaran virus Covid-19 ini juga sudah dilakukan dengan beragam cara dan dengan media baik media cetak, maupun media elektronik. Penyebarluasan informasi seputar wabah Corona ini dibutuhkan oleh semua kalangan, baik dari semua golongan usia, status ekonomi, jenis kelamin, demografi dan aspek lainnya. Begitu juga bagi kalangan siswa sekolah dasar, dimana pada usia tersebut informasi dapat menjadi pedoman nantinya baik untuk sekarang dan di masa depan. Diperlukan media yang sesuai dan kondisi, serta dibutuhkan alternatif agar informasi yang disampaikan dapat diterima serta menarik. Media alterantif salah satunya melalui tembang dolanan mempunyai visualisasi nilai yang tampak dari bentuk tembang dolanan dan syair mengandung ajaran moral yang berguna dan dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan yang dapat diaplikasikan dalam pelestarian bahasa ibu dan pendidikan budi pekerti. Tujuan penelitian artistik, yaitu : 1). Karya tembang dolanan anak yang berisi materi tentang pencegahan dan penyebaran virus Covid-19, dan 2). Karya berupa buku ilustrasi anak yang berisi materi penjelasan tembang dolanan sebagai media publikasi yang efektif dan efisien mengenai pencegahan dan penyebaran virus Covid-19 kepada siswa sekolah dasar. Metode penciptaan karya seni ada 6 (enam) tahapan yaitu : Discovery, Interpretation, Ideation, Experimentation, Evolution, dan Implementation. Melalui media ini diharapkan meningkatkan pemahaman dan pengetahuan kepada warga masyarakat, khususnya siswa sekolah dasar dalam pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19 sehingga wabah tersebut bisa ditangani dan mereda.