STRATEGI KREATIF PENJUALAN SENI PERTUNJUKAN TRADISIONAL JAWA MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE (Studi Kasus Pembuatan Konten Pertunjukan Wayang Kulit)

Main Author: Santoso, Iwan Budi
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: ISI Surakarta , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/5244/1/Iwan%20Budi%20%20S.OK.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/5244/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengambil judul “STRATEGI KREATIF PENJUALAN SENI PERTUNJUKAN TRADISIONAL JAWA MELALUI MEDIA SOSIAL YOUTUBE, STUDI KASUS PEMBUATAN KONTEN PERTUNJUKAN WAYANG KULIT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk ide-ide kreatif pembuatan konten-konten seni pertunjukan tradisional Jawa yang mampu menarik audiens di platform YouTube. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana penerapan teknologi media dan informasi untuk mewadahi dan menunjang kreativitas pelaku seni pertunjukan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bawa para kreator konten berbasis seni pertunjukan tradisi memnafaatkan fenomena pertunjukan di panggung dan sekeliling panggung sebagai bahan untuk dijadikan konten video. Video disajikan dalam dua bentuk yaitu live streaming dan video tunda. Tampilan video meminimalis proses editing sehingga kesan video menjadi natural. Untuk membangun industri kreatif melalui YouTube yang menghasilkan seorang seniman atau konten kreator perlu menguasai, memahami dan memiliki akun YouTube yang termonetesasi dan terhubung dengan Google AdSense. Untuk hasil yang maksimal maka seorang konten kreator perlu menjaring ide konten yang efektif, mempersiapkan sarana hardwhere dan software untuk merekam dan mengunggah video secara digital, serta selalui belajar akan kekurangan dan kelebihan video unggahan melalu tahap evaluasi.