PERANAN JUMADI DALAM PEWARISAN GARAP KARAWITAN GAYA SURAKARTA

Main Author: Rahayu, Anik
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/4243/1/Anik_Rahayu.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/4243/
http://repository.isi-ska.ac.id/
ctrlnum 4243
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/4243/</relation><title>PERANAN JUMADI DALAM PEWARISAN GARAP KARAWITAN GAYA SURAKARTA</title><creator>Rahayu, Anik</creator><subject>Karawitan</subject><description>Skripsi ini berjudul &#x201C;Peranan Jumadi dalam Pewarisan Garap Karawitan Gaya Surakarta&#x201D;. Kajian dari penulisan skripsi ini berupaya menjelaskan sosok Jumadi sebagai seorang seniman dan guru seni dengan karya yang dihasilkannya. Sejak awal karir menjadi seorang guru seni, Jumadi telah menotasikan lagu rebaban puluhan gendhing-gendhing karawitan gaya surakarta. Hasil transkripsi tersebut dipergunakan untuk belajar rebab &#x201C;sinau rebab&#x201D; para muridnya. Penggunaan konsep ilmu sosial sangat penting dalam mendukung penulisan sejarah. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan menggunakan metode sejarah dengan pendekatan ilmu sosial. Untuk mengungkap peranan Jumadi dalam pewarisan garap karawitan digunakan konsep peranan sosiologi untuk menelusuri peranan Jumadi melalui riwayat hidup, riwayat pendidikan dan lain sebagainya. Selanjutnya untuk mengungkap pengaruh dan perkembangan penulisan notasi rebaban yang mendapat sentuhan kreatifitas Jumadi digunakan konsep kreativitas. Dengan teori dan konsep tersebut diharapkan bisa memaparkan secara jelas hal-hal apa saja yang mempengaruhi atau minimal mengilhami lahirnya pemikirannya tentang garap karawitan dalam bidang rebab pada khususnya. Berdasarkan analisa yang penulis lakukan menunjukkan bahwa Jumadi adalah salah satu figur guru rebab yang menjadi teladan bagi murid-muridnya. Jumadi mempunyai banyak kelebihan dibandingkan guru seangkatannya. Kelebihan tersebut antara lain disiplin, tegas, konsisten, dan lain sebagainya. Cara mengajar dengan menggunakan notasi rebaban sebagai media utama setelah media rebab, mengakibatkan hasil pembelajaran terhadap anak didik Jumadi sebagian besar memiliki gaya/cara bermain rebab yang sama. Maka dari itu Jumadi mendapat julukan &#x201C;rebab cara sekolahan&#x201D;. Pengaruh metode pengajaran Jumadi ini dapat ditengarai dengan penggunaan metode yang sama oleh guru-guru rebab yang pernah belajar kepadanya, dan/atau yang pernah membaca sistem notasi dan transkripsi garap rebab susunan Jumadi</description><date>2013-01-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.isi-ska.ac.id/4243/1/Anik_Rahayu.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Anik (2013) PERANAN JUMADI DALAM PEWARISAN GARAP KARAWITAN GAYA SURAKARTA. S1 thesis, Institut Seni Indonesia Surakarta. </identifier><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/</relation><recordID>4243</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rahayu, Anik
title PERANAN JUMADI DALAM PEWARISAN GARAP KARAWITAN GAYA SURAKARTA
publishDate 2013
topic Karawitan
url http://repository.isi-ska.ac.id/4243/1/Anik_Rahayu.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/4243/
http://repository.isi-ska.ac.id/
contents Skripsi ini berjudul “Peranan Jumadi dalam Pewarisan Garap Karawitan Gaya Surakarta”. Kajian dari penulisan skripsi ini berupaya menjelaskan sosok Jumadi sebagai seorang seniman dan guru seni dengan karya yang dihasilkannya. Sejak awal karir menjadi seorang guru seni, Jumadi telah menotasikan lagu rebaban puluhan gendhing-gendhing karawitan gaya surakarta. Hasil transkripsi tersebut dipergunakan untuk belajar rebab “sinau rebab” para muridnya. Penggunaan konsep ilmu sosial sangat penting dalam mendukung penulisan sejarah. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan menggunakan metode sejarah dengan pendekatan ilmu sosial. Untuk mengungkap peranan Jumadi dalam pewarisan garap karawitan digunakan konsep peranan sosiologi untuk menelusuri peranan Jumadi melalui riwayat hidup, riwayat pendidikan dan lain sebagainya. Selanjutnya untuk mengungkap pengaruh dan perkembangan penulisan notasi rebaban yang mendapat sentuhan kreatifitas Jumadi digunakan konsep kreativitas. Dengan teori dan konsep tersebut diharapkan bisa memaparkan secara jelas hal-hal apa saja yang mempengaruhi atau minimal mengilhami lahirnya pemikirannya tentang garap karawitan dalam bidang rebab pada khususnya. Berdasarkan analisa yang penulis lakukan menunjukkan bahwa Jumadi adalah salah satu figur guru rebab yang menjadi teladan bagi murid-muridnya. Jumadi mempunyai banyak kelebihan dibandingkan guru seangkatannya. Kelebihan tersebut antara lain disiplin, tegas, konsisten, dan lain sebagainya. Cara mengajar dengan menggunakan notasi rebaban sebagai media utama setelah media rebab, mengakibatkan hasil pembelajaran terhadap anak didik Jumadi sebagian besar memiliki gaya/cara bermain rebab yang sama. Maka dari itu Jumadi mendapat julukan “rebab cara sekolahan”. Pengaruh metode pengajaran Jumadi ini dapat ditengarai dengan penggunaan metode yang sama oleh guru-guru rebab yang pernah belajar kepadanya, dan/atau yang pernah membaca sistem notasi dan transkripsi garap rebab susunan Jumadi
id IOS3362.4243
institution Institut Seni Indonesia Surakarta
institution_id 440
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta
library_id 189
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Surakarta
repository_id 3362
subject_area Adat Istiadat
Agama
Arsitektur
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3362
first_indexed 2020-05-23T05:21:11Z
last_indexed 2020-06-13T07:57:19Z
recordtype dc
_version_ 1764462043149107200
score 17.13294