HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN ISI SURAKARTA
Main Author: | Astutik, Sundari Juni |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.isi-ska.ac.id/4119/1/Sundari%20Juni%20Astuti%2C%20S.%20I.%20pust..pdf http://repository.isi-ska.ac.id/4119/ http://repository.isi-ska.ac.id/ |
ctrlnum |
4119 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/4119/</relation><title>HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN
DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN
ISI SURAKARTA</title><creator>Astutik, Sundari Juni</creator><subject>Z665 Library Science. Information Science</subject><description>Hubungan Antara Kompetensi Pustakawan Dan Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan ISI
Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kompetensi pustakawan di
Perpustakaan ISI Surakarta 2) Mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan ISI
Surakarta dan 3) Mengetahui hubungan antara kompetensi pustakawan dan kualitas layanan
di Perpustakaan ISI Surakarta. 4) Untuk mengetahui faktor-faktor kualitas layanan di
Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan ISI Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasinya hanya 12 orang.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan analisis deskriptif
menggunakan mean dan grand mean diketahui bahwa : 1) Variabel Kompetensi Pustakawan
yang dimiliki oleh pustakawan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta, memperoleh nilai grand
mean 4,179. Nilai tersebut berada pada rentang skala 3,40 – 4,20 yang menunjukkan bahwa
kompetensi pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan berada pada tingkat yang tinggi. 2)
Variabel Kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh pustakawan memperoleh nilai grand mean
4.248 Nilai tersebut berada pada rentang skala 4,20 - 5,00 yang menunjukkan bahwa
Kualitas Layanan berada pada tingkat yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi data
bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara kompetensi pustakawan yang dimiliki
oleh pustakawan dengan kualitas layanan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Hal ini dapat
dilihat bahwa nilai signifikansi adalah 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05
atau 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kompotensi profesional dan
kompotensi personal berpegaruh signifikan terhadap Kualitas Layanan. Berdasarkan hasil
analisis regresi yang dilakukan diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,703 atau 70,3%
yang artinya bahwa pengaruh variabel independen yaitu variabel kompotensi profesional dan
kompotensi personal terhadap Kualitas Layanan sebesar 70,3% sedangkan sisanya sebesar
29,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.</description><publisher>Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta</publisher><date>2019-10-29</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.isi-ska.ac.id/4119/1/Sundari%20Juni%20Astuti%2C%20S.%20I.%20pust..pdf</identifier><identifier> Astutik, Sundari Juni (2019) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN ISI SURAKARTA. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished) </identifier><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/</relation><recordID>4119</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Document:Monograph Document PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Astutik, Sundari Juni |
title |
HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN
DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN
ISI SURAKARTA |
publisher |
Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta |
publishDate |
2019 |
topic |
Z665 Library Science. Information Science |
url |
http://repository.isi-ska.ac.id/4119/1/Sundari%20Juni%20Astuti%2C%20S.%20I.%20pust..pdf http://repository.isi-ska.ac.id/4119/ http://repository.isi-ska.ac.id/ |
contents |
Hubungan Antara Kompetensi Pustakawan Dan Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan ISI
Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kompetensi pustakawan di
Perpustakaan ISI Surakarta 2) Mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan ISI
Surakarta dan 3) Mengetahui hubungan antara kompetensi pustakawan dan kualitas layanan
di Perpustakaan ISI Surakarta. 4) Untuk mengetahui faktor-faktor kualitas layanan di
Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan ISI Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasinya hanya 12 orang.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan analisis deskriptif
menggunakan mean dan grand mean diketahui bahwa : 1) Variabel Kompetensi Pustakawan
yang dimiliki oleh pustakawan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta, memperoleh nilai grand
mean 4,179. Nilai tersebut berada pada rentang skala 3,40 – 4,20 yang menunjukkan bahwa
kompetensi pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan berada pada tingkat yang tinggi. 2)
Variabel Kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh pustakawan memperoleh nilai grand mean
4.248 Nilai tersebut berada pada rentang skala 4,20 - 5,00 yang menunjukkan bahwa
Kualitas Layanan berada pada tingkat yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi data
bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara kompetensi pustakawan yang dimiliki
oleh pustakawan dengan kualitas layanan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Hal ini dapat
dilihat bahwa nilai signifikansi adalah 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05
atau 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kompotensi profesional dan
kompotensi personal berpegaruh signifikan terhadap Kualitas Layanan. Berdasarkan hasil
analisis regresi yang dilakukan diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,703 atau 70,3%
yang artinya bahwa pengaruh variabel independen yaitu variabel kompotensi profesional dan
kompotensi personal terhadap Kualitas Layanan sebesar 70,3% sedangkan sisanya sebesar
29,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini. |
id |
IOS3362.4119 |
institution |
Institut Seni Indonesia Surakarta |
institution_id |
440 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta |
library_id |
189 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Surakarta |
repository_id |
3362 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Arsitektur |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3362 |
first_indexed |
2020-02-29T13:26:06Z |
last_indexed |
2020-03-21T17:42:27Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764462042982383616 |
score |
17.13294 |