HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN ISI SURAKARTA

Main Author: Astutik, Sundari Juni
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/4119/1/Sundari%20Juni%20Astuti%2C%20S.%20I.%20pust..pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/4119/
http://repository.isi-ska.ac.id/
ctrlnum 4119
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/4119/</relation><title>HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN&#xD; DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN&#xD; ISI SURAKARTA</title><creator>Astutik, Sundari Juni</creator><subject>Z665 Library Science. Information Science</subject><description>Hubungan Antara Kompetensi Pustakawan Dan Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan ISI&#xD; Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kompetensi pustakawan di&#xD; Perpustakaan ISI Surakarta 2) Mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan ISI&#xD; Surakarta dan 3) Mengetahui hubungan antara kompetensi pustakawan dan kualitas layanan&#xD; di Perpustakaan ISI Surakarta. 4) Untuk mengetahui faktor-faktor kualitas layanan di&#xD; Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.&#xD; Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan ISI Surakarta.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasinya hanya 12 orang.&#xD; Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan analisis deskriptif&#xD; menggunakan mean dan grand mean diketahui bahwa : 1) Variabel Kompetensi Pustakawan&#xD; yang dimiliki oleh pustakawan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta, memperoleh nilai grand&#xD; mean 4,179. Nilai tersebut berada pada rentang skala 3,40 &#x2013; 4,20 yang menunjukkan bahwa&#xD; kompetensi pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan berada pada tingkat yang tinggi. 2)&#xD; Variabel Kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh pustakawan memperoleh nilai grand mean&#xD; 4.248 Nilai tersebut berada pada rentang skala 4,20 - 5,00 yang menunjukkan bahwa&#xD; Kualitas Layanan berada pada tingkat yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi data&#xD; bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara kompetensi pustakawan yang dimiliki&#xD; oleh pustakawan dengan kualitas layanan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Hal ini dapat&#xD; dilihat bahwa nilai signifikansi adalah 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05&#xD; atau 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kompotensi profesional dan&#xD; kompotensi personal berpegaruh signifikan terhadap Kualitas Layanan. Berdasarkan hasil&#xD; analisis regresi yang dilakukan diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,703 atau 70,3%&#xD; yang artinya bahwa pengaruh variabel independen yaitu variabel kompotensi profesional dan&#xD; kompotensi personal terhadap Kualitas Layanan sebesar 70,3% sedangkan sisanya sebesar&#xD; 29,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.</description><publisher>Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta</publisher><date>2019-10-29</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.isi-ska.ac.id/4119/1/Sundari%20Juni%20Astuti%2C%20S.%20I.%20pust..pdf</identifier><identifier> Astutik, Sundari Juni (2019) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN ISI SURAKARTA. Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished) </identifier><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/</relation><recordID>4119</recordID></dc>
language eng
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Astutik, Sundari Juni
title HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PUSTAKAWAN DAN KUALITAS LAYANAN DI UPT PERPUSTAKAAN ISI SURAKARTA
publisher Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
publishDate 2019
topic Z665 Library Science. Information Science
url http://repository.isi-ska.ac.id/4119/1/Sundari%20Juni%20Astuti%2C%20S.%20I.%20pust..pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/4119/
http://repository.isi-ska.ac.id/
contents Hubungan Antara Kompetensi Pustakawan Dan Kualitas Layanan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kompetensi pustakawan di Perpustakaan ISI Surakarta 2) Mengetahui tingkat kualitas layanan di Perpustakaan ISI Surakarta dan 3) Mengetahui hubungan antara kompetensi pustakawan dan kualitas layanan di Perpustakaan ISI Surakarta. 4) Untuk mengetahui faktor-faktor kualitas layanan di Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pustakawan di Perpustakaan ISI Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasinya hanya 12 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan analisis deskriptif menggunakan mean dan grand mean diketahui bahwa : 1) Variabel Kompetensi Pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta, memperoleh nilai grand mean 4,179. Nilai tersebut berada pada rentang skala 3,40 – 4,20 yang menunjukkan bahwa kompetensi pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan berada pada tingkat yang tinggi. 2) Variabel Kualitas Pelayanan yang dilakukan oleh pustakawan memperoleh nilai grand mean 4.248 Nilai tersebut berada pada rentang skala 4,20 - 5,00 yang menunjukkan bahwa Kualitas Layanan berada pada tingkat yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji korelasi data bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara kompetensi pustakawan yang dimiliki oleh pustakawan dengan kualitas layanan di UPT Perpustakaan ISI Surakarta. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai signifikansi adalah 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 atau 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kompotensi profesional dan kompotensi personal berpegaruh signifikan terhadap Kualitas Layanan. Berdasarkan hasil analisis regresi yang dilakukan diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,703 atau 70,3% yang artinya bahwa pengaruh variabel independen yaitu variabel kompotensi profesional dan kompotensi personal terhadap Kualitas Layanan sebesar 70,3% sedangkan sisanya sebesar 29,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.
id IOS3362.4119
institution Institut Seni Indonesia Surakarta
institution_id 440
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta
library_id 189
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Surakarta
repository_id 3362
subject_area Adat Istiadat
Agama
Arsitektur
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3362
first_indexed 2020-02-29T13:26:06Z
last_indexed 2020-03-21T17:42:27Z
recordtype dc
_version_ 1764462042982383616
score 17.13294