DIMENSI MUSIKAL, SOSIAL, DAN RELIGI DALAM LAGU WALI BAND (STUDI KASUS LAGU DOAKU UNTUKMU SAYANG, TOBAT MAKSIAT, DAN BOCAH NGAPA YAK)

Main Author: Hastuti, Rina Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Lainnya
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/3722/1/RINA%20TRI%20HASTUTI.PDF
http://repository.isi-ska.ac.id/3722/
ctrlnum 3722
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/3722/</relation><title>DIMENSI MUSIKAL, SOSIAL, DAN RELIGI DALAM LAGU WALI BAND (STUDI KASUS LAGU DOAKU UNTUKMU SAYANG, TOBAT MAKSIAT, DAN BOCAH NGAPA YAK)</title><creator>Hastuti, Rina Tri</creator><subject>Etnomusikologi</subject><description>Penelitian dengan judul &#x201C;Dimensi Musikal, Sosial, dan Religi dalam&#xD; Lagu Wali Band (Studi Kasus Lagu Doaku Untukmu Sayang, Tobat&#xD; Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak)&#x201D; ini merupakan penelitian kualitatif&#xD; dengan deskriptif analitis. Pokok penelitian ini berfokus pada dimensi&#xD; musikal, sosial, dan religi lagu-lagu karya Wali Band dengan cara&#xD; membedah unsur musikal pada setiap lagu Doaku Untukmu Sayang,&#xD; Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak dalam studi kasus ini, serta melihat&#xD; apa saja pesan sosial dan religi pada setiap teks lagu.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode analisis data interaktif yang&#xD; diungkapkan oleh Miles dan Huberman (1992). Konsep dasar musik barat&#xD; mengenai bentuk dan bagian lagu yang dikemukakan oleh Karl-Edmund&#xD; Prier S.J. (1996), digunakan sebagai landasan pemikiran dalam penelitian&#xD; ini. Hal ini mendasari kajian untuk membedah mengenai unsur musikal di&#xD; dalam lagu, yang terdiri dari unsur nada, ritme, tempo, motif lagu, akor,&#xD; dan timbre. Analisis hermeneutika F. Schleiermacher digunakan untuk&#xD; melihat pemaknaan teks lagu. Hermeneutik dimaksudkan memiliki dua&#xD; ciri utama; (1) ciri Romantis, karena dia berpegang pada hubungan yang&#xD; hidup dengan proses penciptaaan. (2) ciri Kritis, karana ia ingin&#xD; mengelaborasikan kaidah pemahaman yang valid secara universal, dalam&#xD; penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis bentuk lagu Doaku&#xD; Untukmu Sayang, Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak, memiliki&#xD; dimensi musikal yang berbeda, dan hal ini dibedah satu persatu sesuai&#xD; dengan setiap unsur musik yang ada di dalamnya. Adapun pesan-pesan&#xD; sosial dan religi pada studi kasus penelitian ini dilihat dalam teks lagu,&#xD; yang masing-masing dilihat dari ciri romantis dan ciri kritis.&#xD; Kata kunci: Dimensi musikal, Sosial, Religi, Lagu Karya Wali Band.</description><date>2019-09-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Other</type><language>eng</language><identifier>http://repository.isi-ska.ac.id/3722/1/RINA%20TRI%20HASTUTI.PDF</identifier><identifier> Hastuti, Rina Tri (2019) DIMENSI MUSIKAL, SOSIAL, DAN RELIGI DALAM LAGU WALI BAND (STUDI KASUS LAGU DOAKU UNTUKMU SAYANG, TOBAT MAKSIAT, DAN BOCAH NGAPA YAK). S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA. </identifier><recordID>3722</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Other:Other
Other
author Hastuti, Rina Tri
title DIMENSI MUSIKAL, SOSIAL, DAN RELIGI DALAM LAGU WALI BAND (STUDI KASUS LAGU DOAKU UNTUKMU SAYANG, TOBAT MAKSIAT, DAN BOCAH NGAPA YAK)
publishDate 2019
topic Etnomusikologi
url http://repository.isi-ska.ac.id/3722/1/RINA%20TRI%20HASTUTI.PDF
http://repository.isi-ska.ac.id/3722/
contents Penelitian dengan judul “Dimensi Musikal, Sosial, dan Religi dalam Lagu Wali Band (Studi Kasus Lagu Doaku Untukmu Sayang, Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak)” ini merupakan penelitian kualitatif dengan deskriptif analitis. Pokok penelitian ini berfokus pada dimensi musikal, sosial, dan religi lagu-lagu karya Wali Band dengan cara membedah unsur musikal pada setiap lagu Doaku Untukmu Sayang, Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak dalam studi kasus ini, serta melihat apa saja pesan sosial dan religi pada setiap teks lagu. Penelitian ini menggunakan metode analisis data interaktif yang diungkapkan oleh Miles dan Huberman (1992). Konsep dasar musik barat mengenai bentuk dan bagian lagu yang dikemukakan oleh Karl-Edmund Prier S.J. (1996), digunakan sebagai landasan pemikiran dalam penelitian ini. Hal ini mendasari kajian untuk membedah mengenai unsur musikal di dalam lagu, yang terdiri dari unsur nada, ritme, tempo, motif lagu, akor, dan timbre. Analisis hermeneutika F. Schleiermacher digunakan untuk melihat pemaknaan teks lagu. Hermeneutik dimaksudkan memiliki dua ciri utama; (1) ciri Romantis, karena dia berpegang pada hubungan yang hidup dengan proses penciptaaan. (2) ciri Kritis, karana ia ingin mengelaborasikan kaidah pemahaman yang valid secara universal, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis bentuk lagu Doaku Untukmu Sayang, Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak, memiliki dimensi musikal yang berbeda, dan hal ini dibedah satu persatu sesuai dengan setiap unsur musik yang ada di dalamnya. Adapun pesan-pesan sosial dan religi pada studi kasus penelitian ini dilihat dalam teks lagu, yang masing-masing dilihat dari ciri romantis dan ciri kritis. Kata kunci: Dimensi musikal, Sosial, Religi, Lagu Karya Wali Band.
id IOS3362.3722
institution Institut Seni Indonesia Surakarta
institution_id 440
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta
library_id 189
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Surakarta
repository_id 3362
subject_area Adat Istiadat
Agama
Arsitektur
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3362
first_indexed 2019-11-23T01:36:16Z
last_indexed 2020-02-02T10:49:05Z
recordtype dc
_version_ 1764462041498648576
score 17.13294