DIMENSI MUSIKAL, SOSIAL, DAN RELIGI DALAM LAGU WALI BAND (STUDI KASUS LAGU DOAKU UNTUKMU SAYANG, TOBAT MAKSIAT, DAN BOCAH NGAPA YAK)
Main Author: | Hastuti, Rina Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.isi-ska.ac.id/3722/1/RINA%20TRI%20HASTUTI.PDF http://repository.isi-ska.ac.id/3722/ |
ctrlnum |
3722 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/3722/</relation><title>DIMENSI MUSIKAL, SOSIAL, DAN RELIGI DALAM LAGU WALI BAND (STUDI KASUS LAGU DOAKU UNTUKMU SAYANG, TOBAT MAKSIAT, DAN BOCAH NGAPA YAK)</title><creator>Hastuti, Rina Tri</creator><subject>Etnomusikologi</subject><description>Penelitian dengan judul “Dimensi Musikal, Sosial, dan Religi dalam
Lagu Wali Band (Studi Kasus Lagu Doaku Untukmu Sayang, Tobat
Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak)” ini merupakan penelitian kualitatif
dengan deskriptif analitis. Pokok penelitian ini berfokus pada dimensi
musikal, sosial, dan religi lagu-lagu karya Wali Band dengan cara
membedah unsur musikal pada setiap lagu Doaku Untukmu Sayang,
Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak dalam studi kasus ini, serta melihat
apa saja pesan sosial dan religi pada setiap teks lagu.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data interaktif yang
diungkapkan oleh Miles dan Huberman (1992). Konsep dasar musik barat
mengenai bentuk dan bagian lagu yang dikemukakan oleh Karl-Edmund
Prier S.J. (1996), digunakan sebagai landasan pemikiran dalam penelitian
ini. Hal ini mendasari kajian untuk membedah mengenai unsur musikal di
dalam lagu, yang terdiri dari unsur nada, ritme, tempo, motif lagu, akor,
dan timbre. Analisis hermeneutika F. Schleiermacher digunakan untuk
melihat pemaknaan teks lagu. Hermeneutik dimaksudkan memiliki dua
ciri utama; (1) ciri Romantis, karena dia berpegang pada hubungan yang
hidup dengan proses penciptaaan. (2) ciri Kritis, karana ia ingin
mengelaborasikan kaidah pemahaman yang valid secara universal, dalam
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis bentuk lagu Doaku
Untukmu Sayang, Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak, memiliki
dimensi musikal yang berbeda, dan hal ini dibedah satu persatu sesuai
dengan setiap unsur musik yang ada di dalamnya. Adapun pesan-pesan
sosial dan religi pada studi kasus penelitian ini dilihat dalam teks lagu,
yang masing-masing dilihat dari ciri romantis dan ciri kritis.
Kata kunci: Dimensi musikal, Sosial, Religi, Lagu Karya Wali Band.</description><date>2019-09-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Other:Other</type><language>eng</language><identifier>http://repository.isi-ska.ac.id/3722/1/RINA%20TRI%20HASTUTI.PDF</identifier><identifier> Hastuti, Rina Tri (2019) DIMENSI MUSIKAL, SOSIAL, DAN RELIGI DALAM LAGU WALI BAND (STUDI KASUS LAGU DOAKU UNTUKMU SAYANG, TOBAT MAKSIAT, DAN BOCAH NGAPA YAK). S1 thesis, INSTITUT SENI INDONESIA (ISI) SURAKARTA. </identifier><recordID>3722</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Other:Other Other |
author |
Hastuti, Rina Tri |
title |
DIMENSI MUSIKAL, SOSIAL, DAN RELIGI DALAM LAGU WALI BAND (STUDI KASUS LAGU DOAKU UNTUKMU SAYANG, TOBAT MAKSIAT, DAN BOCAH NGAPA YAK) |
publishDate |
2019 |
topic |
Etnomusikologi |
url |
http://repository.isi-ska.ac.id/3722/1/RINA%20TRI%20HASTUTI.PDF http://repository.isi-ska.ac.id/3722/ |
contents |
Penelitian dengan judul “Dimensi Musikal, Sosial, dan Religi dalam
Lagu Wali Band (Studi Kasus Lagu Doaku Untukmu Sayang, Tobat
Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak)” ini merupakan penelitian kualitatif
dengan deskriptif analitis. Pokok penelitian ini berfokus pada dimensi
musikal, sosial, dan religi lagu-lagu karya Wali Band dengan cara
membedah unsur musikal pada setiap lagu Doaku Untukmu Sayang,
Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak dalam studi kasus ini, serta melihat
apa saja pesan sosial dan religi pada setiap teks lagu.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data interaktif yang
diungkapkan oleh Miles dan Huberman (1992). Konsep dasar musik barat
mengenai bentuk dan bagian lagu yang dikemukakan oleh Karl-Edmund
Prier S.J. (1996), digunakan sebagai landasan pemikiran dalam penelitian
ini. Hal ini mendasari kajian untuk membedah mengenai unsur musikal di
dalam lagu, yang terdiri dari unsur nada, ritme, tempo, motif lagu, akor,
dan timbre. Analisis hermeneutika F. Schleiermacher digunakan untuk
melihat pemaknaan teks lagu. Hermeneutik dimaksudkan memiliki dua
ciri utama; (1) ciri Romantis, karena dia berpegang pada hubungan yang
hidup dengan proses penciptaaan. (2) ciri Kritis, karana ia ingin
mengelaborasikan kaidah pemahaman yang valid secara universal, dalam
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis bentuk lagu Doaku
Untukmu Sayang, Tobat Maksiat, dan Bocah Ngapa Yak, memiliki
dimensi musikal yang berbeda, dan hal ini dibedah satu persatu sesuai
dengan setiap unsur musik yang ada di dalamnya. Adapun pesan-pesan
sosial dan religi pada studi kasus penelitian ini dilihat dalam teks lagu,
yang masing-masing dilihat dari ciri romantis dan ciri kritis.
Kata kunci: Dimensi musikal, Sosial, Religi, Lagu Karya Wali Band. |
id |
IOS3362.3722 |
institution |
Institut Seni Indonesia Surakarta |
institution_id |
440 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta |
library_id |
189 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Surakarta |
repository_id |
3362 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Arsitektur |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3362 |
first_indexed |
2019-11-23T01:36:16Z |
last_indexed |
2020-02-02T10:49:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764462041498648576 |
score |
17.13294 |