KARAWITAN SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DAN PENGEMBANGAN KARAKTER DI SMP WARGA SURAKARTA

Main Author: Risnandar, Risnandar
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/3514/1/KARAWITAN%20SEBAGAI%20MEDIA%20PENDIDIKAN_Risnandar.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/3514/
http://repository.isi-ska.ac.id/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter telah menjadi perhatian pemerintah dalam menyiapkan generasi yang berkualitas. Kementerian telah melakukan berbagi pembaruan sistem penyelenggaraan pendidikan guna mendai program yang menitik beratkan pada pendidikan karakter. Seni daerah khususnya karawitan merupakan salah satu jenis musik yang relevan sebagai media pendidikan dalam rangka pembentukan kepribadian dan karakter untuk pelajar. Dikatakan demikian karena karawitan yang sifatnya adalah halus, rumit, lembut, secara tidak langsung dapat memperhalus budi pekerti. Karawitan juga dapat digunakan sebagai sarana terapi seperti yang telah banyak dilakukan di luar negeri (sekolah-sekolah, penjara-penjara). Dalam sistem permainan karawitan/ gamelan juga mengajarkan sikap saling toleransi, interaksi, tidak ada yang menonjol/ egois, dan patuh terhadap pimpinan (misalnya kendang/ bonang/ rebab). SMP Warga dipilih sebagai tempat pengabdian masyarakat bedasarkan pertimbangan sekolah tersebut memiliki latar belakang kegiatan musik yang kuat, akan tetapi belum memiliki kegiatan gamelan. Oleh karenanya kami memperkenalkan gamelan disekolah tersebut. Untuk menarik minat anak kami memadukan gamelan dengan instrumen musik barat dengan memanfaatkan alatalat musik yang ada di sekolah tersebut. Hasil dari kegiatan ini diharapkan menjadi percontohan sekaligus menjadi solusi sekolah yang belum memiliki gamelan lengkap bisa mengadakan pelatihan gamelan dengan dipadu dengan alat musik lain yang dimiliki sekolah.