Pelatihan Mural Wayang Beber Bagi Siswa Difable di SLB Bina Karya Insani Karanganyar

Main Author: Afrizal, Afrizal
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/3498/1/PELATIHAN%20MURAL%20WAYANG%20BEBER%20BAGI%20SISWA%20DIFABLE_Afrizal.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/3498/
http://repository.isi-ska.ac.id/
Daftar Isi:
  • Mural atau lukisan dinding, merupakan ketrampilan yang dapat dijadikan kegiatan wirausaha bagi siswa berkebutuhan khusus. Pelatihan mural dengan menggunakan wayang beber sebagai objek, diajarkan kepada siswa berkebutuhan khusus (difabel) di SMPLB dan SMALB Bina Karya Insani bertujuan menyiapkan keterampilan kepada para siswa SLB agar mendapatkan pengakuan dan mampu mandiri di masyarakat. Selain memperkenalakan budaya tradisi Jawa yang sudah mulai terlupakan oleh masyarakat Jawa, yaitu Wayang Beber. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan 53 siswa, terdiri dari siswa penyandang Tuna Rungu Wicara (B) dan Tuna Grahita (C). Teknik pelaksanaannya menggunakan metode “brainstorming” dan metode teknik tindakan kelas khusus. Metode brainstorming digunakan agar para peserta workshop aktif mengeluarkan ide-ide mereka dalam bentuk rancangan visual yang akan ditransfer pada tembok lukisan wayang beber. Sedangkan metode tindakan kelas khusus yang dimaksud, yaitu dengan pendekatan persuasif, sebab orang-orang berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian yang lebih. Sehingga dengan pendekatan individual dalam memancing ide dan imajinasi mereka, diharapkan kreativitas para siswa terasah dan berkembang dengan baik. Penerapan pelatihan ini mampu menjadi bekal kemandirian para siswa berkebutuhan khusus saat terjun di masyarakat maupun untuk berwirausaha.