HIP HOP “BERASA” JAWA (PROSES PENCIPTAAN MUSIK HIP-HOP KM 7 YOGYAKARTA)
Main Author: | Abrianto, Chandra Okta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.isi-ska.ac.id/3493/1/SKRIPSI%20FULL%20NEW-BOOKMARK.pdf http://repository.isi-ska.ac.id/3493/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kreatifitas Boedi Pramono sebagai pencipta kelompok Hip Hop KM 7 dalam menggabungkan musik tradisi Jawa dengan musik hip hop. Termasuk di dalamnya mengkaji awal berkesenian dari Boedi Pramono hingga terbentuknya Hip Hop KM 7. Permasalahan yang muncul adalah (1) Mengungkap dan menjelaskan unsur pembentuk dan struktur musik hiphop km 7, (2) Menjelaskan proses penciptaan musik Hip- Hop km 7. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan berdasarkan pendekatan empiris, diusahakan benar-benar dapat secara obyektif mengungkapkan permasalahan yang, sifatnya, lebih, diorientasikan, dengan menekankan pada wilayah kajian tekstualya. Dengan ditambah konsep dari Bambang Sunarto proses penciptaan seni. Proses penciptaan seni adalah kegiatan proses mencari unsur kontruksi musik mengenal (1) keyakinan seniman dalam berkarya, (2) vokabuler dan model model artistik, (3) konsepkonsep artistik dan (4) model artistik, yang selanjutnya digunakan sebagai sarana dalam mewujudkan karya seni untuk menjawab persoalan tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa pertama bentuk musik yang disajikan Hip Hop km 7 adalah musik berbasis digital dengan masukan unsur idiom gamelan dan musik tradisi Jawa. Secara struktur musik dibagi menjadi dua kesan musikal, yaitu Barat dan tradisi. Kedua Boedi Pramono dalam bermusik kreativitasnya membentuk kelompok Hip Hop KM 7 berawal dari lingkungan seni tradisi yang kental hingga kemudian memasukan unsur tradisi dari musik hingga tarian tradisi dalam bermusik hip hop. . Kata kunci : hip hop, musik tradisi, kreatifitas, jawa, KM7