PELATIHAN SABLON DENGAN TEKNIK COLET CRAYON BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB BINA KARYA INSANI KARANGANYAR LAPORAN PENGABDIAN MASYARAKAT TEMATIK (PERSEORANGAN)
Main Author: | Sjafi’i, Achmad |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.isi-ska.ac.id/3306/1/Drs%20Achmad%20Sjafi%E2%80%99i%2C%20M.Sn._Pengabdian.pdf http://repository.isi-ska.ac.id/3306/ http://repository.isi-ska.ac.id/ |
Daftar Isi:
- Usaha sablon masih memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai kegiatan wirausaha yang potensial. Pelatihan sablon dengan teknik colet crayon diajarkan kepada siswa berkebutuhan khusus (difabel) di SMPLB dan SMALB Bina Karya Insani bertujuan menyiapkan keterampilan kepada para siswa SLB agar mendapatkan pengakuan dan mampu mandiri di masyarakat selain dapat digunakan untuk berwirausaha. Kegiatan yang dilaksanakan melibatkan 40 siswa Tunarungu-wicara (B) dan Tunagrahita (C). Teknik pelaksanaannya menggunakan metode“brainstorming” dan metode teknik tindakan kelas khusus.Metode brainstorming digunakan agar para peserta workshop aktif mengeluarkan ide-ide mereka dalam bentuk rancangan visual yang akan ditransfer pada kertas melalui sablon dengan teknik colet crayon. Sedangkan metode tindakan kelas khusus yang dimaksud, yaitu dengan pendekatan persuasif, sebab orangorang berkebutuhan khusus membutuhkan perhatian yang lebih. Sehingga dengan pendekatan individual dalam memancing ide dan imajinasi mereka, diharapkan kreativitas para siswa terasah dan berkembang dengan baik.