MURAL SEBAGAI MEDIA BRANDING TAMAN SATWA TARU JURUG LAPORAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Main Author: Sukirno, Sukirno
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/3301/1/Sukirno_Pengabdian.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/3301/
http://repository.isi-ska.ac.id/
Daftar Isi:
  • Objek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) merupakan salah satu objek wisata dengan konsep wisata alam yang menjadi salah satu objek wisata andalan di Kota Surakarta. Sebagai penyumbang PAD terbesar dari sektor pariwisata, Taman Satwa Taru Jurug mempunyai banyak persoalan. Jumlah pengunjung TSTJ dari tahun 2003 mengalami penurunan. Kondisi fisik dan fasilitas yang tidak terawat merupakan salah satu penyebab menurunnya jumlah wisatawan. Oleh Akarena itu penting kiranya melakukan PPM yang mengangkat citra TSTJ menjadi taman wisata yang bersih, yaitu dengan membuat mural di tempat-tempat yang terbengkalai agar tidak terkesan kumuh. Studi pendahuluan dalam PPM ini dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui observasi lapangan, studi pistaka/ dokumen dan wawancara kepada pihak terkait. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode SWOT. Hasul dari analisis tersebut yang menjadi dasar program kegiatan dalam PPM ini, yaitu murak sebagai media branding Taman Satwa Taru Jurug”.