LAPORAN KARYA TARI “KRIDHANING WARASTRA” USULAN PENELITIAN ARTISTIK ( PENCIPTAAN SENI)
Main Authors: | Rahayu, Nanuk, Subono, Blacius |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.isi-ska.ac.id/3291/1/Nanuk%20Rahayu%2C%20S.Kar.%2C%20M.Hum._Penelitian.pdf http://repository.isi-ska.ac.id/3291/ http://repository.isi-ska.ac.id/ |
ctrlnum |
3291 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/3291/</relation><title>LAPORAN KARYA TARI “KRIDHANING WARASTRA” USULAN PENELITIAN ARTISTIK ( PENCIPTAAN SENI)</title><creator>Rahayu, Nanuk</creator><creator>Subono, Blacius</creator><subject>Tari</subject><description>Penciptaan Karya Tari Kridhaning Warastra ini bertujuan untuk menambah
pengkayaan repertoar tari, terutama karya tari yang berbentuk garap pasangan
putri lanyap dan putra alus luruh. Karya tari Kridhaning Warastra terilhami dari
cerita “Srikandhi Meguru Manah” yang disusun dalam struktur garap yang
mengacu pada struktur tari bedhaya yaitu maju beksan (bagian pertama) sebagai
penggambaran sosok tokoh, beksan merupakan inti permasalahan, beksan
perangan merupakan ciri khas dengan tema keprajuritan, dan udar/lejar pada
bagian pamitan dengan mundur beksan. Wujud garap isi tidak mencerminkan
urutan cerita tetapi lebih mengedepankan pada permasalahan penguasaan,
pengembangan, dan eksplorasi pada teknik gerak serta pengkayaan vokabuler
gerak. Garap bentuk menghadirkan tokoh Srikandhi, sebagai penggambaran
seorang prajurit putri yang terampil, cekatan, kuat, dan luwes sedangkan tokoh
Arjuna digambarkan sebagai seorang prajurit yang gagah tetapi halus tindak
tanduknya, tenang, dan mahir memanah. Penggarapan unsur vokal
memperlihatkan kualitas penari yang mampu menghadirkan tembang,
antawecana, dan geguritan. Adapun bentuk yang digarap adalah gerak,
karawitan tari, properti, dan tata rias busana yang didukung tata artisik yang
sederhana dengan materi-materi yang menggunakan medium tradisi yang
dikembangkan sesuai kebutuhan artistik.</description><publisher>Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta</publisher><date>2016-05</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.isi-ska.ac.id/3291/1/Nanuk%20Rahayu%2C%20S.Kar.%2C%20M.Hum._Penelitian.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Nanuk and Subono, Blacius (2016) LAPORAN KARYA TARI “KRIDHANING WARASTRA” USULAN PENELITIAN ARTISTIK ( PENCIPTAAN SENI). Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished) </identifier><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/</relation><recordID>3291</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Document:Monograph Document PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Rahayu, Nanuk Subono, Blacius |
title |
LAPORAN KARYA TARI “KRIDHANING WARASTRA” USULAN PENELITIAN ARTISTIK ( PENCIPTAAN SENI) |
publisher |
Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta |
publishDate |
2016 |
topic |
Tari |
url |
http://repository.isi-ska.ac.id/3291/1/Nanuk%20Rahayu%2C%20S.Kar.%2C%20M.Hum._Penelitian.pdf http://repository.isi-ska.ac.id/3291/ http://repository.isi-ska.ac.id/ |
contents |
Penciptaan Karya Tari Kridhaning Warastra ini bertujuan untuk menambah
pengkayaan repertoar tari, terutama karya tari yang berbentuk garap pasangan
putri lanyap dan putra alus luruh. Karya tari Kridhaning Warastra terilhami dari
cerita “Srikandhi Meguru Manah” yang disusun dalam struktur garap yang
mengacu pada struktur tari bedhaya yaitu maju beksan (bagian pertama) sebagai
penggambaran sosok tokoh, beksan merupakan inti permasalahan, beksan
perangan merupakan ciri khas dengan tema keprajuritan, dan udar/lejar pada
bagian pamitan dengan mundur beksan. Wujud garap isi tidak mencerminkan
urutan cerita tetapi lebih mengedepankan pada permasalahan penguasaan,
pengembangan, dan eksplorasi pada teknik gerak serta pengkayaan vokabuler
gerak. Garap bentuk menghadirkan tokoh Srikandhi, sebagai penggambaran
seorang prajurit putri yang terampil, cekatan, kuat, dan luwes sedangkan tokoh
Arjuna digambarkan sebagai seorang prajurit yang gagah tetapi halus tindak
tanduknya, tenang, dan mahir memanah. Penggarapan unsur vokal
memperlihatkan kualitas penari yang mampu menghadirkan tembang,
antawecana, dan geguritan. Adapun bentuk yang digarap adalah gerak,
karawitan tari, properti, dan tata rias busana yang didukung tata artisik yang
sederhana dengan materi-materi yang menggunakan medium tradisi yang
dikembangkan sesuai kebutuhan artistik. |
id |
IOS3362.3291 |
institution |
Institut Seni Indonesia Surakarta |
institution_id |
440 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta |
library_id |
189 |
collection |
Institutional Repository Institut Seni Indonesia Surakarta |
repository_id |
3362 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Arsitektur |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3362 |
first_indexed |
2019-07-21T21:33:36Z |
last_indexed |
2019-08-12T01:50:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764462040019107840 |
score |
17.13294 |