LAPORAN KARYA TARI “KRIDHANING WARASTRA” USULAN PENELITIAN ARTISTIK ( PENCIPTAAN SENI)

Main Authors: Rahayu, Nanuk, Subono, Blacius
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/3291/1/Nanuk%20Rahayu%2C%20S.Kar.%2C%20M.Hum._Penelitian.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/3291/
http://repository.isi-ska.ac.id/
ctrlnum 3291
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/3291/</relation><title>LAPORAN KARYA TARI &#x201C;KRIDHANING WARASTRA&#x201D; USULAN PENELITIAN ARTISTIK ( PENCIPTAAN SENI)</title><creator>Rahayu, Nanuk</creator><creator>Subono, Blacius</creator><subject>Tari</subject><description>Penciptaan Karya Tari Kridhaning Warastra ini bertujuan untuk menambah&#xD; pengkayaan repertoar tari, terutama karya tari yang berbentuk garap pasangan&#xD; putri lanyap dan putra alus luruh. Karya tari Kridhaning Warastra terilhami dari&#xD; cerita &#x201C;Srikandhi Meguru Manah&#x201D; yang disusun dalam struktur garap yang&#xD; mengacu pada struktur tari bedhaya yaitu maju beksan (bagian pertama) sebagai&#xD; penggambaran sosok tokoh, beksan merupakan inti permasalahan, beksan&#xD; perangan merupakan ciri khas dengan tema keprajuritan, dan udar/lejar pada&#xD; bagian pamitan dengan mundur beksan. Wujud garap isi tidak mencerminkan&#xD; urutan cerita tetapi lebih mengedepankan pada permasalahan penguasaan,&#xD; pengembangan, dan eksplorasi pada teknik gerak serta pengkayaan vokabuler&#xD; gerak. Garap bentuk menghadirkan tokoh Srikandhi, sebagai penggambaran&#xD; seorang prajurit putri yang terampil, cekatan, kuat, dan luwes sedangkan tokoh&#xD; Arjuna digambarkan sebagai seorang prajurit yang gagah tetapi halus tindak&#xD; tanduknya, tenang, dan mahir memanah. Penggarapan unsur vokal&#xD; memperlihatkan kualitas penari yang mampu menghadirkan tembang,&#xD; antawecana, dan geguritan. Adapun bentuk yang digarap adalah gerak,&#xD; karawitan tari, properti, dan tata rias busana yang didukung tata artisik yang&#xD; sederhana dengan materi-materi yang menggunakan medium tradisi yang&#xD; dikembangkan sesuai kebutuhan artistik.</description><publisher>Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta</publisher><date>2016-05</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.isi-ska.ac.id/3291/1/Nanuk%20Rahayu%2C%20S.Kar.%2C%20M.Hum._Penelitian.pdf</identifier><identifier> Rahayu, Nanuk and Subono, Blacius (2016) LAPORAN KARYA TARI &#x201C;KRIDHANING WARASTRA&#x201D; USULAN PENELITIAN ARTISTIK ( PENCIPTAAN SENI). Project Report. Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Surakarta. (Unpublished) </identifier><relation>http://repository.isi-ska.ac.id/</relation><recordID>3291</recordID></dc>
language eng
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Rahayu, Nanuk
Subono, Blacius
title LAPORAN KARYA TARI “KRIDHANING WARASTRA” USULAN PENELITIAN ARTISTIK ( PENCIPTAAN SENI)
publisher Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
publishDate 2016
topic Tari
url http://repository.isi-ska.ac.id/3291/1/Nanuk%20Rahayu%2C%20S.Kar.%2C%20M.Hum._Penelitian.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/3291/
http://repository.isi-ska.ac.id/
contents Penciptaan Karya Tari Kridhaning Warastra ini bertujuan untuk menambah pengkayaan repertoar tari, terutama karya tari yang berbentuk garap pasangan putri lanyap dan putra alus luruh. Karya tari Kridhaning Warastra terilhami dari cerita “Srikandhi Meguru Manah” yang disusun dalam struktur garap yang mengacu pada struktur tari bedhaya yaitu maju beksan (bagian pertama) sebagai penggambaran sosok tokoh, beksan merupakan inti permasalahan, beksan perangan merupakan ciri khas dengan tema keprajuritan, dan udar/lejar pada bagian pamitan dengan mundur beksan. Wujud garap isi tidak mencerminkan urutan cerita tetapi lebih mengedepankan pada permasalahan penguasaan, pengembangan, dan eksplorasi pada teknik gerak serta pengkayaan vokabuler gerak. Garap bentuk menghadirkan tokoh Srikandhi, sebagai penggambaran seorang prajurit putri yang terampil, cekatan, kuat, dan luwes sedangkan tokoh Arjuna digambarkan sebagai seorang prajurit yang gagah tetapi halus tindak tanduknya, tenang, dan mahir memanah. Penggarapan unsur vokal memperlihatkan kualitas penari yang mampu menghadirkan tembang, antawecana, dan geguritan. Adapun bentuk yang digarap adalah gerak, karawitan tari, properti, dan tata rias busana yang didukung tata artisik yang sederhana dengan materi-materi yang menggunakan medium tradisi yang dikembangkan sesuai kebutuhan artistik.
id IOS3362.3291
institution Institut Seni Indonesia Surakarta
institution_id 440
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta
library_id 189
collection Institutional Repository Institut Seni Indonesia Surakarta
repository_id 3362
subject_area Adat Istiadat
Agama
Arsitektur
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3362
first_indexed 2019-07-21T21:33:36Z
last_indexed 2019-08-12T01:50:03Z
recordtype dc
_version_ 1764462040019107840
score 17.13294