PROBLEMATIKA DIRI SELAKU GURU HONORER SEBAGAI SUMBER INSPIRASI PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS
Main Author: | MUBAROK, FUAD IHSAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.isi-ska.ac.id/2820/1/Fuad%20Ihsan%20Mubarok.pdf http://repository.isi-ska.ac.id/2820/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Laporan kekaryaan Tugas Akhir yang berjudul Problematika Diri Selaku Guru Honorer Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis ini merupakan respon pribadi terhadap pengalaman serta pengamatan lingkungan sekolah selaku bagian dari tempat beraktivitas kegiatan belajar mengajar meliputi guru dan siswa. Batasan pembahasannya adalah pada problematika guru, terutama guru yang berstatus honorer. Problematika guru honorer merupakan naik-turunnya semangat bekerja, kecemasan akan rendahnya tingkat kesejahteraan yang dialami pribadi selaku guru honorer. Karya-karya pada Tugas Akhir ini melukiskan tentang kecemasan terhadap kesejahteraan yang diterima, kesedihan, dan kegelisahan karena rendahnya upah guru honorer, ketakutan karena ancaman dan intimidasi dari guru lain, dan keberatan akan banyaknya tanggung jawab. Karya-karya ini menampilkan visual bentuk-bentuk geometris dengan menggunakan cat minyak dan media kanvas, serta penggunaan teknik plakat dan kerok. Gaya dan teknik yang digunakan merupakan hasil dari eksplorasi dan eksperimen, yang kemudian dilakukan inovasi sehingga memiliki gaya seperti sekarang. Kekuatan utama pada karya-karya ini terletak pada bentuk figur manusia, serta bidang-bidang yang mengisi latar belakang. Karya Tugas Akhir ini menghadirkan 12 karya seni lukis yang semuanya hasil ekspresi pribadi dalam memaknai problematika guru honorer. Kata Kunci :, Guru, Honorer, Lukis, Problematika, Seni