EDUWISATA DESA WISATA TAMANAN, BONDOWOSO SEBAGAI OBJEK PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Main Author: HASANAH, FIQIH IMROATIL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/2683/1/Ella%20Yuliatik.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/2683/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Desa Wisata Tamanan merupakan sebuah desa wisata yang terletak di daerah Bondowoso Jawa Timur terdiri dari empat desa wisata didalamnya yang saling memberi dukungan antara satu sama lain sehingga menjadikan objek wisata yang komprehensif. Pemandangan alami desa serta potensi wisata yang jika ditinjau melalui kelima bidang yang ada, seperti agrowisata, seni kriya, kuliner, seni pertunjukan, dan perikanan menghasilkan tema konsep Eduwisata (wisata pendidikan) yang menjadi suatu keistimewaan daerah desa wisata itu sendiri. Kurang gencarnya promosi yang dilakukan desa wisata tersebut membuat sebagian besar masyarakat luar Bondowoso belum mengetahui secara mendalam terkait potensi serta keunikan Desa Wisata Tamanan sebagai alternatif tempat wisata dengan mengusung konsep eduwisata. Sehingga diperlukan suatu langkah perancangan terkait media promosi melalui desain komunikasi visual agar dapat menghasilkan media yang efektif. Dengan beberapa tahap perancangan yang diawali dengan membentuk sebuah corporate identity Desa Wisata Tamanan yang nantinya diaplikasikan kedalam berbagai media promosi yang sudah terencana seperti stationery, leaflet, sign system, poster, dan merchandising seperti kaos, packaging kaos, gantungan kunci, tas serta kalender yang secara visualisasi terlihat seragam (tematik) agar membentuk image yang khas. Diharapkan, dengan adanya perancangan media promosi tersebut dapat menimbulkan dampak yang positif terkait perkembangan Desa Wisata Tamanan. Kata Kunci : Desa Wisata Tamanan, Eduwisata, Media Promosi