Peran Marketing di Perpustakaan

Main Author: Nyono, Nyono
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.isi-ska.ac.id/1614/1/FKP2TN.pdf
http://repository.isi-ska.ac.id/1614/
Daftar Isi:
  • Esensi dan eksistensi suatu perpustakaan dapat dianalogikan dengan sebuah toko. Perbedaanya, jika sebuah toko umumnya berkepentingan mendistribusikan barang sebagai dagangannya kepada konsumen/pemakai, sedang perpustakaan secara umum bertujuan menyebarluaskan jasa layanan yang ditujukan untuk kepuasan pengguna. Selain perbedaan tersebut, ada kesamaan antara keduanya,yaitu sama-sama menyiapkan suatu produk guna memenuhi kebutuhan pengguna. Jika suatu perpustakaan sepi pengunjung siapa yang harus disalahkan? Pihak perpustakaan atau pihak pengguna? Sebagai penjelasan analogi di atas, jika ada sebuah toko sepi pembeli, haruskah pihak pembeli dipersalahkan? Tulisan ini akan berbicara tentang peran pemasaran (marketing) di perpustakaan. Marketing di perpustakaan adalah suatu usaha menawarkan dan mendekatkam suatu produk kepada konsumen. Kata kunci: marketing, ekstensi dan eksistensi perpustakaan