Summary: |
Seringkali guru, instruktur, atau dosen menyamakan istilah pengajaran dan pembelajaran. Padahal pengajaran lebih mengarah pada pemberian pengetahuan dari guru kepada siswa yang kadang kala berlangsungsecara sepihak. Sedangkan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang berupaya membelajarkan siswa secara terintegrasi dengan memperhitungkan faktor lingkungan belajar, karakteristik siswa, karakteristik bidang studi, serta berbagai strategi pembelajaran, baik penyampaian, pengelolaan, maupun pengorganisasian pembelajaran. Ada dua pijakan teori yang dapat dijadikan pegangan agar pembelajaran dapat berhasil dengan baik, yaitu teori belajar yang bersifat deskritpif. Teori ini memberikan bagaimana seseorang melakukan kegiatan belajar. Teori belajar yang banyak diterapkan para ahli pembelajaran itu teori behavioristik, teori kognitivistik, teori humanistik, dan teori belajar sibernetik. Bahkan belakangan berkembang teori kontruktivistik. Pijakan teori kedua yang dipaparkan dalam buku ini adalah teori pembelajaran atau teori preskriptif. Teori ini memberikan bagaimana seseorang mempengaruhi atau mendesain lingkungan belajar agar seseorang tertarik untuk belajar. Buku ini memberikan gambaran tentang perbedaan pandangan tentang pembelajaran dan pengajaran.
|