PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V SDN 1 KEBONSARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT
Main Author: | HALIMATUS SAKDIYAH, SITI |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikama.ac.id/904/1/Pemakalah_Siti%20Halimatus_Semnas%2024%20Sept.pdf http://repository.unikama.ac.id/904/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil pengamatan, proses pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Kebonsari Kecamatan Sukun Malang sudah menerapkan kurikulum 2013, dimana siswa harus berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tetapi kenyataan dilapangan, masih banyak siswa yang belum berani untuk mengemukakan pendapat mereka dan kurang ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar di kelas. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelian ini adalah 1) Lembar observasi dan 2) Catatan lapangan digunakan untuk memperoleh data atau informasi yang berkaitan dengan situasi kelas yang tidak tercantum dalam lembar observasi. Dalam penelitian ini catatan lapangan digunakan untuk mengamati hal-hal yang terjadi didalam kelas selam penerapan model pembelajaran card sort. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata keaktifan siswa sudah menunjukkan kategori cukup aktif di SDN 1 Kebonsari dengan presentase 64%, selanjutnya pada siklus II rata-rata keaktifan siswa sudah menunjukkan kategori aktif atau 78%. Dengan demikian, model pembelajaran card sort dapat direkomendasikan kepada guru di SDN 1 Kebonsari dalam melaksanakan pembelajaran. Kata kunci: Keaktifan; Card sort