Pembelajaran Matematika Project Based Learning melalui Tiket Kuliah dengan Kecerdasan Emosional dalam Matakuliah Matematika Diskrit

Main Author: Marsitin, Retno
Format: Proceeding NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unikama.ac.id/892/1/Prosiding%20Semnas%20Unikama%20%28Penelitian%29%202016-Retno%20Marsitin.pdf
http://repository.unikama.ac.id/892/
Daftar Isi:
  • Kualitas pendidikan di lingkungan perguruan tinggi perlu ditingkatkan melalui pembelajaran, terutama pembelajaran matematika. Salah satu upaya inovasi pembelajaran matematika yaitu pembelajaran matematika Project Based Learning (PBL) dengan melalui tiket kuliah dan mengendalikan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran matematika Project Based Learning melalui tiket kuliah dengan kecerdasan emosional dalam matakuliah matematika diskrit. Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik, dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Kanjuruhan Malang, yang menempuh matakuliah matematika diskrit. Pengumpulan data meliputi tes, lembar kerja mahasiswa, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi dan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika Project Based Learning melalui tiket kuliah dengan kecerdasan emosional dalam matakuliah matematika diskrit mendapat respon positif dari mahasiswa dan menujukkan peningkatan dalam nilai hasil akademik mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan data yang diperoleh yaitu keberhasilan akademik mahasiswa dengan ketercapaian 83% dan respon mahasiswa dengan ketercapaian 80% serta ketercapaian kecerdasan emosional dengan 78%.