Pengaruh Religiusitas Pada Etika Berbisnis (Studi Pada RM. Padang Di Kota Malang)

Main Author: Fauzan, Fauzan
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Petra Surabaya , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unikama.ac.id/606/1/1_2013-Jurnal%20MK_Vol%2015_No%201_Maret%202013.pdf
http://repository.unikama.ac.id/606/2/3153
http://repository.unikama.ac.id/606/
http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/issue/view/3153
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiusitas terhadap etika berbisnis pada bisnis rumah makan Padang di Kota Malang. Jenis penelitian adalah survey dengan menyebarkan kuesioner pada responden. Populasinya para pemilik rumah makan Padang di Kota Malang, teknik pengambilan sampelnya adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, uji F, dan uji R2. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel independen (ritual/syari’ah, ideologi/akidah, intelektual/ilmu, dan konsekuensial/akhlaq) secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (etika berbisnis) rumah makan Padang di Kota Malang. Secara parsial dimensi ritual/syari’ah dan dimensi konsekuensi/akhlaq secara positif dan signifikan memiliki pengaruh terhadap etika berbisnis rumah makan Padang di Kota Malang. Dimensi ideologi/akidah secara negatif dan tidak signifikan memiliki pengaruh terhadap etika berbisnis. Dimensi intelektual/ilmu secara positif dan tidak signifikan memiliki pengaruh terhadap etika berbisnis rumah makan Padang di Kota Malang. Dimensi religiusitas yang paling dominan mempengaruhi etika berbisnis rumah makan Padang di Kota Malang adalah dimensi konsekuensial/akhlaq.