Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya pada Materi Segiempat Kelas VII C SMP PGRI 6 Malang
Main Author: | Doko, Maria Gaudensia Doa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikama.ac.id/5387/ https://digilib.unikama.ac.id/index.php?p=show_detail&id=33451 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran matematika kelas VII C SMP PGRI 6 Malang, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berupa soal-soal cerita dalam kehidupan sehari-hari masih rendah. Siswa lebih mudah menyelesaikan soal matematika yang hanya menerapkan rumus-rumus saja tanpa harus membaca soal cerita. Langkah-langkah pemecahan masalah Polya dianggap sebagai langkah-langkah pemecahan masalah yang mudah dipahami dan banyak digunakan dalam kurikulum matematika di seluruh dunia. Dengan menggunakan tahapan-tahapan pemecahan masalah Polya, diharapkan siswa dapat lebih runtut dan terstruktur dalam memecahkan masalah matematika. Tahapan pemecahan masalah Polya terdiri dari 4 tahap yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP PGRI 6 Malang semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa. Prosedur pengumpulan data penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan catatan lapangan. Tahap-tahap analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek yang tergolong pada tingkat 1 yaitu belum mampu melaksanakan empat langkah Polya , subyek yang tergolong pada tingkat 2 yaitu hanya mampu memahami masalah, subyek yang tergolong pada tingkat 3 yaitu mampu memahami masalah,menyusun rencana penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian, dan subyek yang tergolong pada tingkat 4 yaitu mampu melaksanakan empat langkah polya. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa mayoritas subyek penelitian berada pada tingkat 3 dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah segiempat. Peneliti menyarankan kepada guru untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa-siswi agar pembelajarannya berhasil serta mengharapkan kepada peneliti lain agar dapat meneliti pada bidang lainnya seperti geometri, statistika dan lain-lain. penyelesaian, dan memeriksa kembali. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya pada materi segiempat.