Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia

Main Author: Rahaju, Rahaju
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta , 2017
Online Access: http://repository.unikama.ac.id/4683/1/persepsi%20siswa_PMI_Rahaju.pdf
http://repository.unikama.ac.id/4683/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi siswa terhadap manfaat pembelajaran matematika berbasis permainan monopoli Indonesia. Subjek penelitian sebanyak 31 siswa kelas IV SD. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dan terbuka, lembar observasi, catatan lapangan, pedoman wawancara, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menganggap pembelajaran matematika berbasis permainan monopoli Indonesia mendorong siswa lebih giat,lebih siap, dan bersemangat belajar: lebih memperhatikan pembelajaran, lebih memahami materi pelajaran, ingin terus belajar, dan berani mengemukakan pendapat. Selain itu, belajar melalui permainan monopoli Indonesia memberi kesempatan siswa untuk berdiskusi secara leluasa, tidak mengantuk, dan tidak membosankan. Penggunaan permainan monopoli Indonesia juga membentuk persepsi bahwa matematika adalah pelajaran yang menyenangkan, seru, dan mudah. Aturan permainan monopoli Indonesia memberi peluang pembentukan karakter.