PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGERAFI SISWA SMA DI KABUPATEN MALANG

Main Author: NELYA EKA SUSANTI, NELYA
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi Universitas Kanjuruhan Malang
Subjects:
Online Access: http://repository.unikama.ac.id/2202/1/Peer%20Review%20Jurnal%20PBL.pdf
http://repository.unikama.ac.id/2202/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar geografi siswa SMA. Penentuan subjek dalam penelitian ini berdasarkan jumlah siswa dalam satu kelas dan rata-rata hasil belajar UAS geografi semester 1 siswa yang telah terbukti sama setelah dilakukan uji t-test. Diperoleh hasil yakni kelas kontrol XI IPS 1 dengan jumlah siswa 29 rata-rata hasil belajar 81 dan kelas eksperimen kelas XI IPS 2 dengan jumlah siswa 30 rata-rata hasil belajar 80. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, rancangan eksperimennya adalah pretest-posttest control group design. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t-test dengan program SPSS 16 for Windows. Diketahui nilai P-value 0,021, hal ini berarti 0,021<0,05, maka Ho ditolak sehingga model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondanglegi.