Analisis Nilai-nilai Pribadi Pengusaha, Strategi Bisnis dan Hubungannya Dengan Kinerja Industri Kecil di Kota Malang

Main Authors: Maulina, Vinus, Firdaus, Riril Mardiana
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Kanjuruhan Malang , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unikama.ac.id/1653/1/Prosiding%202016%20Bu%20Vinus.pdf
http://repository.unikama.ac.id/1653/
Daftar Isi:
  • Di banyak negara termasuk di Indonesia, sektor industri kecil memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini disebabkan karena pengusaha kecil terus berupaya untuk mengelola dan menembangkan usahanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kinerja pengusaha dengan nilai pribadi wirausaha dibandingkan kelompok pengusaha dengan nilai pribadi konservatif, perbedaan kinerja kelompok pengusaha yang menggunakan strategi bisnis proaktif dibandingkan kelompok pengusaha yang menggunakan strategi bisnis reaktif dan perbedaan kinerja dari kelompok pengusaha dengan nilai pribadi wirausaha yang menggunakan strategi bisnis proaktif dibandingkan kinerja dari kelompok pengusaha dengan nilai pribadi konservatif yang menggunakan strategi bisnis reaktif. Penelitian ini dilakukan antara pengusaha keramik di Kota Malang dengan sampel 20 responden, yang terdiri dari pengusaha dengan nilai pribadi kewirausahaan dan konservatif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive random sampling dan data dianalisis dengan menggunakan analisis cluster dilanjutkan dengan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok pengusaha yang telah menerapkan strategi bisnis proaktif memiliki kinerja yang lebih baik daripada kelompok pengusaha kecil yang menerapkan strategi bisnis reaktif. Kata kunci: nilai pribadi wirausaha; strategi bisnis; kinerja perusahaan