Pengembangan Modul Barisan dan Deret Berbasis Kontekstual

Main Author: Tri Candra, Wulandari, M.Pd
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Ikatan Pendidik Universitas Kanjuruhan Malang , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unikama.ac.id/1394/1/1327
http://repository.unikama.ac.id/1394/
http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/1327
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul barisan deret untuk siswa SMK program pariwisata. Pengembangan modul matematika pada materi Barisan dan Deret ini ditujukan pada siswa dan guru dengan harapan siswa dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kecepatan belajar siswa (mastery learning). Modul yang dikembangkan disesuaikan dengan masalah-masalah yang sering dihadapi di dunia pariwisata. Penelitian pengembangan dilakukan dalam tiga fase yaitu: (1) penelitian awal (preliminary research), (2) fase pengembangan (prototyping phase), dan (3) fase penilaian (assessment phase). Berdasarkan hasil validasi, modul yang dikembangkan merupakan modul yang telah di validasi sebanyak 2 (dua) tahap. Perolehan skor rata-rata keseluruhan aspek adalah 3,58. Menurut kriteria kevalidan yang telah ditetapkan, maka modul dapat dikatakan valid yang berarti modul tersebut layak digunakan.