Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Teori APOS

Main Author: Marsitin, Retno
Format: Article NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Institute of Islamic Studies (IAIN) Palopo, Sulawesi Selatan , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unikama.ac.id/1279/1/Artikel%20Al%20Khwarizmi%20Jurnal%20Pend%20Mat%20dan%20IPA%202017.pdf
http://repository.unikama.ac.id/1279/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dengan teori APOS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan matematika yang menempuh matakuliah kalkulus dengan jumlah 30 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan koneksi matematis dan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dengan teori APOS yang meliputi Aksi, Proses, Objek dan Skema. Hal ini ditunjukkan oleh data yang diperoleh pada siklus kedua yang telah memenuhi kriteria keberhasilan akademik dengan 81.47%, kemampuan koneksi matematis dengan ketercapaian 80.56%, dan kemampuan berpikir kreatif dengan ketercapaian 81,27%.