MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BILANGAN BULAT SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BAMBOO DANCING
Main Author: | Dyah Tri Wahyuningtyas, Dyah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikama.ac.id/1258/1/Jurnal%20UST%20Dyah.pdf http://repository.unikama.ac.id/1258/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK: Meningkatkan Keaktifan Belajar Bilangan Bulat Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Persepsi negatif mengenai pelajaran matematika pada siswa SD mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat penting agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru perlu mengembangkan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat melibatka siswa dalam proses pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar bilangan bulat siswa kelas V melalui model pembelajaran Bamboo Dancing. Metode penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 35 siswa kelas V SDN Kebonsari 1 Malang. Produk penelitian ini berupa rancangan pembelajaran model pembelajaran bamboo dancing. Hasil penelitian menunjukkan presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 80% dengan kriteria keaktifan baik, kemudian pada siklus II keaktifan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 92.5% dengan kriteria keaktifan sangat baik. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran model bamboo dancing dapat meningkatkan keaktifan belajar bilangan bulat siswa kelas V SDN Kebonsari 1 Malang. Kata Kunci: Bamboo Dancing, Bilangan bulat, Keaktifan