PEMBELAJARAN MODEL BAMBOO DANCING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN KEBONSARI 1 MALANG
Main Author: | Dyah Tri Wahyuningtyas, Dyah |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikama.ac.id/1172/1/Prosiding%20Semnas%20Dyah.pdf http://repository.unikama.ac.id/1172/2/Sertifikat%20Semnas%20Dyah.pdf http://repository.unikama.ac.id/1172/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK: Pembelajaran Model Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Kebonsari 1 Malang Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model bamboo dancing (tari bambu) dapat meningkatkan keaktifan belajar bilangan bulat. Metode penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 38 siswa kelas IV SDN Kebonsari 1 Malang. Produk penelitian ini berupa rancangan pembelajaran model pembelajaran bamboo dancing. Hasil penelitian menunjukkan presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 80% dengan kriteria keaktifan baik, kemudian pada siklus II keaktifan belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 92.5% dengan kriteria keaktifan sangat baik. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran model bamboo dancing dapat meningkatkan keaktifan belajar bilangan bulat siswa kelas IV SDN Kebonsari 1 Malang. Kata Kunci: Bamboo Dancing, Bilangan bulat, Keaktifan ABSTRACT: Dancing Bamboo Learning Model to Improve Learning Activeness Integer Grade IV SDN Kebonsari 1 Malang This study aims to describe the application of models dancing bamboo (bamboo dance) can increase the activity of learning integers. The research method is a classroom action research with research subjects fourth grade students of SDN 38 Kebonsari 1 Malang. The products of this research is learning design study model bamboo dancing. The results show the percentage of students 'learning activeness in the first cycle of 80% with good liveliness criteria, then the second cycle students' learning activeness on the second cycle increased to 92.5% with the liveliness of the criteria very well. Based on this model study of bamboo dancing can enhance the activity of learning integers fourth grade students of SDN Kebonsari 1 Malang. Keywords: Bamboo Dancing, Integer, activeness