PENERAPAN WORKBOOK MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL
Main Authors: | Wulandari, Tri Candra, Rahayu, Sri |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikama.ac.id/1066/1/Artikel%20JIPM_Tri%20Candra_Unikama.pdf http://repository.unikama.ac.id/1066/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih bergantung pada buku teks dan buku kerja siswa yang juga diterbitkan oleh pemerintah. Secara umum, hal ini tampak lebih sederhana baik dari sisi guru maupun siswa, karena siswa hanya membawa satu buku yang memuat bermacam mata pelajaran. Lemahnya konsep sangat terasa pada mata pelajaran matematika. Secara terintegrasi matematika masuk dalam pelajaran tematik, namun, matematika tetap merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan pada ujian akhir sekolah. Guru yang mempersiapkan ujian akhir harus bekerja keras mengulang konsep mulai dari kelas 1 hingga kelas 5. Oleh karena itu, perlu strategi jitu bagi para guru agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran menggunakan workbook matematika kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian 30 siswa SD kelas III di SDN Gadang I Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Setelah melaksanakan pembelajaran menggunakan workbook, rata-rata ulangan adalah 86,96, dengan skor terendah dan skor tertinggi masing-masing adalah 70 dan 100. Berdasarkan hasil yang diperoleh, workbook kontekstual yang berkaitan langsung dengan tema 7 yaitu sumber energi dapat diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas III di SDN Gadang I Malang. Kata kunci: workbook, matematika, kontekstual