TEKNIK PENYUSUNAN MODUL MATERI SISTEM EKSRESI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BIOLOGI SMA

Main Author: Anggis, Eka Vasia
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Balitar, Blitar , 2017
Subjects:
Online Access: http://unisbablitar.ejournal.web.id/index.php/konstruktivisme/article/view/257
http://unisbablitar.ejournal.web.id/index.php/konstruktivisme/article/view/257/234
Daftar Isi:
  • Salah satu pembelajaran IPA adalah biologi. Kompetensi biologi yang ingin dicapai pada kurikulum saat ini yaitu berhakikat IPA. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar berupa modul berhakikat IPA, yaitu modul berbasis kontekstual diintegrasikan dengan Learning cycleBerdasarkan observasi di lapangan, wawancara dengan guru biologi kelas XI IPA 3 di SMA Laboratorium UM Malang, didapatkan bahwa guru masih belum mamahami proses pembelajaran sesuai KI dan KD. Bahan ajar yang dimiliki belum merangsang pola pikir peserta didik berhubungan dengan permasalahan-permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan teknik penyusunan modul sistem ekresi manusia bermodel PBL berbasis kontruktivisme. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan , adapun tahap-tahap nya sebagai berikut: 1) Define, 2) Design, 3)Develope. Penelitian ini menjelaskan bagaimana menyusun modul PBL dengan materi sistem ekskresi manusia berbasis kontruktivisme. Penelitian ini masih pada tahap kedua yaitu tahap perancangan. Lokasi penelitian di SMA Laboratorium Malang. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa sistematika modul disesuikan dengan langlah PBL, kontruktivisme dengan indikator yang di digunakan.