Makanan Halal pada Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Unity of Science

Main Author: Sukasih, Sukasih; Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Indonesian Food Technologists
Subjects:
Online Access: http://jatp.ift.or.id/index.php/jatp/article/view/192
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar Islam pada umumnya hanya menyampaikan materi pelajaran yang ada pada buku yang sesuai dengan kurikulum. Materi pelajaran makanan halal biasanya disampaikan pada Pendidikan Agama Islam. Sekolah Dasar Islam yang menggunakan unity of science pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat mengenalkan makanan hahal pada setiap materi yang berkenaan dengan makanan. Penelitian ini difokus pada mengenalkan makanan halal pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang menggunakan unity of science. Action research unity of science pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengenalkan makanan halal kepada peserta didik Sekolah Dasar Islam Kasih Ibu di Pedurungan, kota Semarang. Tujuan action research agar siswa mengenal makanan halal pada setiap pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang membahas makanan dan bahan makanan. Treatment action research pada kelas satu sampai kelas enam setiap habis liburan ditanya makan makanan halal, makanan yang berlabel halal dan makanan yang bersertifikat halal. Treatmen makanan halal juga diberikan setiap ada materi yang dapat dihubungkan dengan memilih makanan halal dan makanan yang berlabel halal dan bersertfikat halal, bahan yang halal. Action research berhasil menjadikan peserta didik harus tahu makan makanan yang halal, memberi makanan yang halal, menjaga makanan tetap hahal, membuat makanan dari bahan yang halal, serta dapat membedakan antara makanan yang halal dan haram, serta berani menyampaikan makanan halal ke public dan menolak makanan haram. Kesimpulan penelitian ini bahwa siswa dapat mengimplementasikan makanan halal dan mensosialisasikan makanan halal