PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Main Author: | Liando, Mayske Rinny |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
CISOC
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/45 http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/45/39 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di SD GMIM Malola, khususnya kelas IV. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak siswa yang belum tahu menentukan ide pokok ataupun menulis kembali isi teks pidato sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkansering kali tidak tercapai. Hal ini disebabkan karenakurangtepatnya guru memilih strategi pembelajaran yang tepat. Selama ini guru selalu menggunakan metode ceramah, sehingga mereka sulit untuk membangun pengetahuan yang sudah mereka miliki dan menemukan pengetahuan yang baru. Kenyataan ini memotivasi peneliti untuk mencari solusi untuk membuat pelajaran bahasa indonesia menjadi pembelajaran yang menyenangkan, yakni dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materimenentukan ide pokok dalam teks pidato dan menceritakankembaliisitekspidato untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada desain yang dikemukakan menurut Kemmis dan Taggart (Zainal Aqib, 2006:31) yang terdiri empat tahapan yaitu : Perencanaan, Aksi / tindakan, Obeservasi, danRefleksi. Dari data hasil belajar yang diperoleh, dianalisis dengan perhitungan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa, diperoleh hasil yang berbeda dimana pada siklus I hasil belajar siswa hanya mencapai 60,88%, sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 93,23%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawdapat meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa khususnya siswa kelas IV SD GMIM Malola.Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar