KONTRIBUSI PENILAIAN KINERJA MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENUMBUHKAN TANGGUNGJAWAB WARGA NEGARA

Main Author: Cahyono, Cahyono
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: CISOC , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/32
http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/32/28
Daftar Isi:
  • Penilaian kinerja dikenal dengan istilah jobs assessment. Penilaian kinerja dalam mata pelajaran PPKn dapat membantu menumbuhkan rasa solidaritas, dan tanggungjawab antar siswa, yang dilakukan melalui pemberian tugas praktek, proyek, dan portofolio. Tujuan penelitian, untuk mengatahui kontribusi penilaian kinerja pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan tanggungjawab warga negara siswa SMK Pasundan I Kota Bandung. Teori yang digunakan, permendikbud No. 104 (2014) tentang standar penilaian, dan teori penilaian Widoyoko (2014), teori civic responsibility Branson (1999). Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik penarikan sampel secara acak (random sampling) yaitu sebanyak 336 responden. Penjaringan data menggunakan angket, dengan analisis korelasi dan regresi. Berdasarkan analisis data, konstribusi perencanaan (X1), transparansi prosedur penilaian (X2), pelaksanaan penilaian kinerja (X3), dan pengolahan hasil penilaian (X4), terhadap penumbuhan tanggungjawab warga negara (Y) berkontribusi positif yaitu sebesar 24,8%.Kata kunci : Penilaian, Kinerja Mata Pelajaran PPKn, Tanggungjawab Warga Negara