PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

Main Author: Kartiwa, Iwan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: CISOC , 2016
Online Access: http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/27
http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/27/23
Daftar Isi:
  • Misi PPKn dengan paradigma baru adalah mengembangkan pendidikan demokrasi yang secara psiko-pedagogis dan sosio-andragogis berfungsi mengembangkan tiga karakteristik pokok warga negara yang demokratis, meliputi; civic intellegence atau kecerdasan warga negara, civic responsibility atau tanggungjawab warga negara dan civic participation atau partisipasi warga negara. Model pembelajaran kooperatiof two stay two stray dengan media portofolio adalah suatu model pembelajaran yang diharapkan mampu menciptakan suasana pembelajaran yang dinamis, multiarah, dan dapat mengikat makna pembelajaran secara lebih luas dan mendalam. Melalui model pembelajaran ini terbukti proses dan hasil pembelajaran telah berlangsung secara positif dan konstruktif. Terbukti dengan analisis hasil belajarnya dengan menngunakan perbandingan nilai mean terdapat perbedaan signifikan yaitu: 1,63 dan dengan menggunakan pengukuran korelasi produck moment ternyata proses yang baik dapat meningkatkan hasil belajar yaitu denngan hasil korelasi cukup tinggi dengan interpretasi r = 0,66.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Media Portofolio, Hasil Belajar