UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Main Author: Dewi, Dinie Anggraeni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: CISOC: Pengembangan Sosial & Kemampuan Vocational , 2019
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/138
http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/138/82
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Salah satu alternatif pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan siswa yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe AIR (Auditory, Intellectual, and Repetition). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, meningkatkan aktivitas belajar, serta mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe AIR. Metode yang digunakan adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X SMAN I Singaparna, Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe AIR meningkat serta respon siswa positif terhadap proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe AIR.