UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE AIR (AUDITORY, INTELECTUALLY, AND REPETITION) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Main Author: | Dewi, Dinie Anggraeni |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
CISOC: Pengembangan Sosial & Kemampuan Vocational
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/138 http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/138/82 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Salah satu alternatif pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan siswa yaitu dengan model pembelajaran kooperatif tipe AIR (Auditory, Intellectual, and Repetition). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, meningkatkan aktivitas belajar, serta mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe AIR. Metode yang digunakan adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X SMAN I Singaparna, Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan model kooperatif tipe AIR meningkat serta respon siswa positif terhadap proses pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe AIR.