MOTIVASI BELAJAR, PERSEPSI SISWA ATAS KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU, DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SD

Main Author: Dhiu, Konstantinus Dua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: CISOC: Pengembangan Sosial & Kemampuan Vocational , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/132
http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/132/76
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan persepsi siswa atas kemampuan pedagogik guru terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex post facto dengan teknik korelasional. Sampel penelitian sebanyak 70 orang siswa/i SD yang diambil dengan teknik sample random sampling di kelas V gugus IX, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Data mengenai motivasi belajar, presepsi siswa atas kemampuan pedagogik guru dan prestasi belajar IPS dikumpulkan dengan kuesioner model skala likert. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis data menemukan sebagai berikut. (1) hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 33,1% dengan persamaan regresi Ŷ = 33,647 + 0,288 X1.R1y= 0,576 dengan nilai F= 33,678 pada signifikan 0,00 (ã < 0,01). (2) hubungan persepsi siwa atas kemampuan pedagogik guru terhadap prestasi belajar IPS sebesar 64,8 % dengan persamaan regresi Ŷ = 28, 362 + 0,387X2. R2y = 0,805 dengan nilai F= 125,449 pada signifikansi 0,00 (ã < 0,01). (3) hubungan secara bersama-sama motivasi belajar dan persepsi siswa atas kemampuan pedagogik guru terhadap prestrasi belajar IPS sebesar 65,1 % dengan persamaan regresi Ŷ = 28,691 + 0,416X1 + 0,039X2. Ry12 = 0,807 dengan nilai F = 62,516 pada signifikansi 0,00 (ã < 0,01). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar, persepsi siswa atas kemampuan pedagogik guru berhubungan secara signifikan terhadap motivasi belajar IPS pada siswa SD Kelas V di gugus IX Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada.