PERBANDINGAN DAMPAK PENERAPAN PENILAIAN BERACUAN NORMA DENGAN BERACUAN PATOKAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Main Author: Adiputra, Chandra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: CISOC: Pengembangan Sosial & Kemampuan Vocational , 2018
Subjects:
Online Access: http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/131
http://jurnal.fkip-uninus.ac.id/index.php/cisoc/article/view/131/75
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuanuntukmembandingkan dampak penerapanpenilaian beracuan norma (PAN) dengan beracuan patokan (PAP) terhadap hasil belajar peserta didikpada mata kuliah Perkembangan Peserta Didik (PPD), yang dikontrak oleh 29 peserta didik pada semester gasal tahun akademik 2015/2016 di Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah skor presensi, rata-rata tugas, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan poin. Semuanya itu diolah menjadi skor hasil belajar peserta didik pada mata kuliah PPD, lalu dinilai dengan menerapkan PAN dan PAP.Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan dampak penerapan PAN dan PAP terhadap hasil belajar peserta didik dengan selisih indeks prestasi peserta didik mencapai 0,27 (dari selisih maksimal 4,00). Perbedaan dampak tersebut muncul karena adanya rentang skor yang berbeda di setiap kategori nilai padamasing-masing pendekatan penilaian.